...pentingnya pengetahuan mengenai struktur kepemilikan bagi investor. Struktur kepemilikan berpengaruh kepada manajer untuk mengambil keputusan terkait dengan pembagian dividen...
Solo (ANTARA) - Pengamat Ekonomi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Doddy Setiawan mengatakan informasi mengenai pembagian dividen dibutuhkan oleh investor sehingga perusahaan harus terbuka dalam mempublikasi laba yang diterimanya.b

"Pembayaran dividen merupakan suatu kabar yang dinantikan oleh para investor karena ini menunjukkan hasil dari investasi mereka di perusahaan tersebut," katanya di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Baca juga: Dividen global anjlok menjadi yang terburuk sejak krisis keuangan 2009

Menurut dia, dengan perusahaan membayar dividen maka investor akan bereaksi dengan cara membeli saham perusahaan tersebut. Ia mengatakan hal tersebut akan mengakibatkan permintaan saham meningkat sehingga harga saham juga akan mengalami kenaikan.

"Yang pasti informasi ini menunjukkan pentingnya pengetahuan mengenai struktur kepemilikan bagi investor. Struktur kepemilikan berpengaruh kepada manajer untuk mengambil keputusan terkait dengan pembagian dividen ini," kata Doddy.

Baca juga: Menkeu targetkan penerimaan dividen BUMN Rp26,1 triliun

Dengan demikian, menurut dia, sangat penting bagi investor untuk terlebih dahulu memahami struktur kepemilikan perusahaan sebelum mengambil keputusan investasi terkait dengan suatu perusahaan.

"Secara umum suatu perusahaan yang sahamnya didominasi oleh investor asing dan perusahaan milik pemerintah memberikan dividen dengan jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan lain," kata Doddy.

Topik tersebut akan diusung Doddy pada pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Akuntansi Keuangan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS pada Selasa (8/9) yang akan dilakukan secara daring.

Baca juga: RUPST Telkom setujui pembagian dividen Rp15,26 triliun

Baca juga: Charoen Pokphand bagi dividen Rp1,32 triliun



 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020