TIBCO dan Fakultas Teknik UI kerja sama pelatihan data analytics

TIBCO dan Fakultas Teknik UI kerja sama pelatihan data analytics

Kerja sama TIBCO dan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Selasa (8/9/2020). (ANTARA/TIBCO)

Jakarta (ANTARA) - TIBCO Software Inc., perusahaan global dalam hal data perusahaan, mengumumkan kolaborasi tiga tahunnya dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI), dalam hal pengembangan keterampilan teknologi mahasiswa FTUI terutama terkait ilmu data (data analytics science).

"Kami melihat kolaborasi kami dengan Fakultas Teknik UI sebagai misi penting dalam mengatasi kesenjangan bakat data di masa depan," kata Nick Lim, General Manager, APJ, TIBCO, melalui keterangannya, Selasa.

"TIBCO menyadari kebutuhan untuk memberdayakan mahasiswa dengan mengembangkan keterampilan data kritis mereka yang akan mempersiapkan mereka untuk karir yang bermakna dan produktif di bidang teknik, manajemen, analisis data, serta desain sistem," ujarnya menambahkan.

Ia berharap, melalui TIBCO Academic Alliance, pihaknya dapat menyediakan teknologi untuk mendorong pembelajaran dan inovasi di ruang kelas, serta mempersiapkan tenaga kerja masa depan.

Kolaborasi antara TIBCO dan FTUI menjadi kesempatan emas bagi lebih dari 500 mahasiswa di Program Studi Teknik Industri FTUI, untuk memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan menggunakan software dari TIBCO, seperti TIBCO Spotfire, yang dapat dimanfaatkan secara gratis melalui inisiatif Aliansi Akademik TIBCO.

Ke depannya, kesempatan ini juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dari fakultas lainnya di lingkungan UI.

"Dengan terjalinnya kerja sama ini, dapat memberikan kesempatan baik bagi para mahasiswa untuk berhadapan langsung dengan teknologi tepat guna sebagai pembelajaran, serta membangun kemampuan di bidang data science," kata Dr. Ing. Amalia Suzianti S.T., M.Sc., Kepala Departemen Teknik Industri FTUI.

TIBCO merupakan perusahaan multinasional dalam manajemen data perusahaan, memungkinkan pelanggannya untuk untuk menghubungkan, menyatukan, dan memprediksi hasil bisnis, dan memecahkan tantangan data analytics yang kompleks.

TIBCO juga memiliki kolaborasi yang kuat dengan beberapa institusi pendidikan tinggi di kawasan Asia Pasifik seperti, Nanyang Polytechnic, Singapore Polytechnic, Institute of Technical Education di Singapura.

Baca juga: THE World University Ranking: UI perguruan tinggi terbaik di Indonesia

Baca juga: Mahasiswa UI rancang batu bata ramah lingkungan dari lumpur Lapindo

Baca juga: Dua mahasiswa UI siap berkompetisi di Mapres Nasional 2020
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020