Saya senang ditunjuk sebagai pelaksana team principal untuk Williams selama periode transisi ini
Jakarta (ANTARA) - Tim Williams F1 menunjuk Simon Roberts sebagai pelaksana tugas team principal pada Selasa menyusul mundurnya keluarga pendiri tim itu akhir pekan lalu di Grand Prix Italia.

Frank Williams sebelumnya menjabat principal namun putrinya, Claire, yang menjalankan operasi harian sebagai wakilnya. Keduanya sekarang memutuskan untuk mundur dari urusan F1 setelah tim mantan juara itu dijual ke firma investasi asal Amerika Serikat Dorilton Capital bulan lalu.

Roberts bergabung di tim asal Inggris itu pada Juni dari McLaren, di mana ia menjabat chief operating officer, dan akan secara langsung bertugas mengawal Williams di balapan di Sirkuit Mugello, Italia akhir pekan ini.

"Saya senang ditunjuk sebagai pelaksana team principal untuk Williams selama periode transisi ini," kata Roberts lewat pernyataan tertulis seperti dikutip Reuters.

Baca juga: Bernie Ecclestone carikan calon pembeli untuk tim Williams
Baca juga: Kesulitan finansial, tim Williams Racing dibeli Dorilton Capital


"Ini adalah waktu yang menyenangkan untuk tim, era baru untuk Williams dan masa yang saya senang memainkan peran di dalamnya. Saya menantikan tantangan di depan di saat kami ingin membawa tim ini kembali ke grid depan."

Williams juga terlebih dulu mengumumkan jika chief executive Mike O'Driscoll akan pensiun setelah mendukung transisi kepemilikan hingga akhir tahun ini.

Williams belum pernah memenangi balapan lagi sejak 2012 dan masa-masa keemasannya telah lama berlalu, di saat tim paling sukses ketiga di F1 itu kesulitan untuk mencetak bahkan satu poin.

Baca juga: Russell harap kepemilikan baru bawa Williams bangkit

Mereka mampu membawa pulang satu poin tahun lalu dan belum finis poin lagi setelah delapan balapan digelar pada 2020.

Ketika menjabat sebagai managing director, Roberts memiliki kewajiban mengurus fungsi teknis, operasi dan perencanaan.

Dia bergabung dengan McLaren pada 2003 dan diperbantukan sebagai chief operating officer tim Force India pada 2009.

Baca juga: Tepis spekulasi ke Mercedes, Russell tetap di Williams musim depan
Baca juga: Russell: mobil WIlliams tahun ini lebih "bisa dikendarai"

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020