Sandi kenang Jakob Oetama sebagai seorang 'entrepreneur' sukses

Sandi kenang Jakob Oetama sebagai seorang 'entrepreneur' sukses

Sandiaga Uno berikan keterangan pers usai melayat di rumah duka Jakob Oetama di Jalan Srikaya V No 40, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Pendiri Kompas Gramedia dan Pimpinan Umum Harian Kompas tidak hanya dikenang sebagai Tokoh Pers Nasional tapi juga seorang wirausaha (entrepreneur) sukses yang menginspirasi anak-anak muda untuk berwirausaha, demikian dikatakan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

"Kita semua kehilangan seorang tokoh 'pioner' bangsa kita di dunia usaha, seorang insan pers yang bertransformasi menjadi 'entrepreneur' sukses dan menginspirasi," kata Sandi usai melayat di rumah duka di Jalan Srikaya V No 40, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu malam.

Baca juga: Staf Khusus BPIP: Jakob Oetama tokoh pers pengusung nilai Pancasila

Di mata Sandi, Jakob Oetama adalah tokoh yang menginspirasi karena tidak hanya mampu mendirikan media besar juga menciptakan peluang usaha serta lapangan pekerjaan seperti Grup Kompas.

"Bukan hanya di industri media tapi juga di properti, MICE dan pariwisata. Kita hari ini kehilangan tokoh Pak Jakob Oetama," kata pengusaha kelahiran Pekanbaru, Riau ini.
Sandiaga Uno menyampaikan belasungkawa di rumah duka Jakob Oetama di Jalan Srikaya V No 40, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)


Sandi memiliki kenangan khusus akan kewibawaan Jakob Oetama semasa hidupnya yang memiliki sifat mengayomi para generasi mudah. Kenangan tersebut sekitar tiga tahun lalu.

Sandi mengatakan, tiga tahun lalu saat meluncurkan buku, Jakob Oetama memberikan pesan khusus untuk dirinya.

"Beliau memberi pesan untuk terus menginspirasi dengan terus memberikan semangat kepada anak-anak muda, memotivasi untuk tetap proaktif mengambil peluang membangun bangsa ke depan," ujar Sandi.

Baca juga: PWI: Jakob Oetama adalah sosok jalan tengah

Pendiri Kompas Gramedia sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama tutup usia pada Rabu (9/9) pukul 13.05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta pada usia 88 tahun.

Baca juga: In Memoriam - Jakob Oetama Sang Guru jurnalisme

Jenazah akan diantar menuju tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada Kamis (10/9) pukul 10.30 WIB.
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020