Jusuf Kalla bacakan apel persada pemakaman Jakob Oetama

Jusuf Kalla bacakan apel persada pemakaman Jakob Oetama

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (ketiga kanan) menjadi inspektur upacara pemakaman Pendiri Kompas Gramedia/ Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020). . ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia Jusuf Kalla membacakan apel persada pemakaman tokoh pers nasional Jakob Oetama di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis.

Jusuf Kalla bertindak sebagai inspektur upacara yang berlangsung pukul 11.28 WIB tersebut.

"Apel persada, saya Muhammad Jusuf Kalla, atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa almarhum. Nama Dr HC Jakob Oetama, jabatan anggota MPR RI periode tahun 1971 sampai 1977. Putra dari bapak Raymundus Josef Sandiyo Brotosoesiswo yang telah meninggal dunia demi kepentingan serta keseluruhan negara dan bangsa pada hari Rabu tanggal 9 September 2020, pukul 13.05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, karena sakit," ujar JK.

Baca juga: Jusuf Kalla pimpin upacara pemakaman Jakob Oetama
Baca juga: In Memoriam - Pak JO dan Wasiat Huruf "I"
Baca juga: Irwan Oetama harap nasihat JO jadi warisan bagi yang ditinggalkan


"Semoga jalan darma bhakti yang ditempuh nya dapat menjadi suri teladan dan arwahnya mendapat tempat semestinya di alam baka," kata JK pula.

Usai pembacaan apel persada, jenazah pendiri Kompas Gramedia itu pun dikebumikan dengan diiringi tembakan regu salvo.

Pendiri Kompas Gramedia Jakoeb Oetama dimakamkan secara militer di Blok AA nomor 339 Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Upacara pemakaman ditutup dengan penghormatan terakhir oleh seluruh tamu undangan dan tabur bunga di atas makam penerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari negara tersebut.
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020