Jusuf Kalla: Jakob Oetama tokoh media yang hebat

Jusuf Kalla: Jakob Oetama tokoh media yang hebat

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Mufidah Miad Saad meninggalkan TMP Kalibata. ANTARA/Muhammad Zulfikar/am.

Jakarta (ANTARA) - Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 menilai sosok Jakob Oetama yang merupakan tokoh pers nasional adalah tokoh media yang hebat dan patut dicontoh oleh semua orang.

"Beliau menjadikan media ini sebagai pemersatu dan meluruskan sesuatu dengan sopan," katanya di lokasi pemakaman Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Kamis.

Selain bergelut di dunia jurnalistik, Jakob, kata JK, sebenarnya juga seorang budayawan dan pengusaha yang mempekerjakan ribuan orang di Tanah Air.

"Kita merasa kehilangan sebagai tokoh bangsa yang mempunyai modal atau dorongan yang besar untuk mempersatukan bangsa," katanya.

Secara pribadi, tokoh asal Sulawesi Selatan tersebut menilai sikap kritis yang diperlihatkan Jakob Oetama semasa hidup kepada bangsa dilakukan dengan cara yang sopan.

Baca juga: Jusuf Kalla pimpin upacara pemakaman Jakob Oetama

Baca juga: TMP Kalibata pastikan penerapan protokol kesehatan pemakaman JO


Hal itu, terlihat dari kepribadian almarhum yang mengoreksi bangsa namun dengan cara bahasa yang halus serta mencarikan solusi tidak hanya mengkritik saja.

Jusuf Kalla berharap sikap dan kepribadian sosok Jakob Oetama bisa menjadi contoh bagi jurnalis-jurnlis muda. Sebagai contoh bila mengoreksi suatu kebijakan pemerintah maka disampaikan dengan cara yang baik.

Secara pribadi, JK juga mengaku sering diundang oleh Jakob Oetama sebagai pemateri bila ada diskusi terkait ekonomi, kewilayahan dan sebagainya.

Baca juga: Jusuf Kalla bacakan apel persada pemakaman Jakob Oetama

Baca juga: Romo Sindhu: Jakob Oetama sebut KG sebagai Indonesia mini
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020