Kepala BNPB: Wisma Atlet Tower 5 siap rawat pasien COVID-19

Kepala BNPB: Wisma Atlet Tower 5 siap rawat pasien COVID-19

Ilustrasi - Petugas Satgas COVID-19 mengecek tower lima Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, di Jakarta, Jumat (11/9/2020). ANTARA FOTO/Ariella Annasya/gp/foc/pri.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyampaikan bahwa Tower 5 Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat siap difungsikan untuk merawat pasien COVID-19, Sabtu.

"Seyogyanya flat isolasi mandiri ini sudah bisa ditempati pada hari Selasa (8/9) yang lalu. Namun karena alasan teknis baru bisa dimulai pada hari ini," ujar Doni dalam konferensi pers  di Tower 1 Lantai 2 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/9).

Dalam pertemuan itu, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I ( Kogabwilhan I) Laksdya TNI I N.G. Ariawan turut mendampingi kepala BNPB.

Baca juga: Anies: Tower 4-5 Wisma Atlet kapasitas 2.500 kamar siap tangani OTG

Mereka melaksanakan Konferensi Pers bersama-sama, sehubungan dengan pengoperasian Tower 5 di RSD Wisma Atlet Kemayoran sekaligus penyampaian perkembangan COVID-19.

Panglima Kogabwilhan I mengatakan Tower 5 itu akan digunakan untuk merawat warga terkonfirmasi positif COVID-19 yang tanpa gejala, serta warga terkonfirmasi positif COVID-19 yang tidak memiliki tempat perawatan.

Sementara itu, ada info akan ada Tower Wisma Atlet lain yang sedang disiapkan untuk fungsi isolasi pasien COVID-19.

"Kan itu tadi, Tower 5 yang sudah siap, kita ada lagi info Tower yang lain. Tapi ini saja dulu sebagai referensi kita," kata Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Pemerintah bakal tanggung biaya isolasi mandiri pasien OTG di hotel

Sementara itu, salah satu syarat menempati Tower 5, pasien wajib menyertakan surat rekomendasi dari Puskesmas setempat yang memberikan rekomendasi.

Aris mengatakan, selain Pangkogabwilhan I, turut hadir Kepala Staf Kogabwilhan I Mayjen TNI Syafrudin dan Asops Kogabwilhan I Laksma TNI Aryantio Condro Wibowo.

Sedangkan, untuk pejabat Kodam Jaya hadir Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman, Kapuskesad Mayjen TNI dr. Tugas Ratmono.

Dalam kesempatan itu, Kepala BNPB juga berterima kasih kepada jajaran TNI hingga Kementerian PUPR yang bisa merealisasikan flat isolasi mandiri dan sudah bisa digunakan sekarang ini.

"Saya selaku Ketua Satgas menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI dalam hal ini Pangkobgabwilhan I dan juga Kapuskes TNI, dibantu tim dari Kodam Jaya bersama Kementerian BUMN dan juga PUPR serta beberapa kementerian/lembaga lainnya yang terlibat dalam penyiapan flat isolasi mandiri, tower 4 dan tower 5," pungkasnya.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 Wisma Atlet menjadi 12.506 orang

Baca juga: Pemerintah siapkan fasilitas hotel tampung pasien COVID-19

Baca juga: Wisma Atlet Kemayoran sudah penuh terisi? Ini penjelasannya
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020