Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan sudah mulai memproduksi massal iPhone 12, diperkirakan gawai akan meluncur sebulan setelah produksi.

Kabar ini datang dari Jon Prosser, seorang yang terkenal cukup akurat membocorkan informasi soal gawai yang akan meluncur. Lewat cuitan, Prosser mengabarkan produksi iPhone 12 dimulai pekan ini, seperti dikutip dari laman Apple Insider, Minggu.

Jadwal produksi massal ponsel ini mirip ketika menjelang peluncuran iPhone X dan iPhone XR beberapa tahun lalu.

Tapi, Prosser menyatakan teknologi yang sebelumnya banyak disebut akan digunakan di iPhone 12, 120Hz ProMotion Displays, tidak ikut disematkan di ponsel yang sedang diproduksi.

Teknologi ProMotion diperkenalkan di iPad Pro beberapa waktu lalu sebagai pembeda dengan tablet versi lebih rendah buatan Apple.

Gawai yang menggunakan refresh rate 120Hz akan memiliki perpindahan animasi yang lebih mulus, layar lebih responsif dan performa yang lebih baik saat bermain game.

Apple dikabarkan memiliki masalah dengan manajemen daya baterai dengan teknologi ProMotion ini sehingga akhirnya menghapusnya dari iPhone 12.

Mereka dikabarkan akan menggunakan display LTPO, yang digunakan di Apple Watch, agar ProMotion bisa berjalan sesuai dengan kebutuhan. Tapi, kontrol dengan LTPO diperkirakan baru bisa ada di iPhone pada 2021.

Jon Prosser sebelumnya menyatakan Apple akan mengubah jadwal peluncuran iPhone menjadi Oktober. Apple belakangan mengonfirmasi peluncuran iPhone akan mundur beberapa pekan dari jadwal September.

Baca juga: Apple siapkan acara spesial pekan depan, peluncuran gawai?

Baca juga: Epic Games "Fortnite" tuntut Apple lagi

Baca juga: Apple akan luncurkan gawai pekan ini?

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020