Jakarta (ANTARA) - Desainer Jason Wu membuka perhelatan New York Fashion Week S21, dengan berani menggelar pagelaran busana bertema pantai dengan segelintir penonton yang hadir.

"Saya pikir dunia membutuhkan keindahan dan optimisme," kata desainer tersebut seperti dikutip dari AP, Senin.

"Pekan Mode New York belum berakhir. Ini adalah perhelatan yang kuat. Di sini kita semua bisa aman, berkumpul dan masih bisa merayakannya," kata Jason.

Atap gedung Spring Studio New York diubah menjadi resort tropis di pinggir pantai. Dengan 30 model yang berlenggak-lenggok di atas lantai kayu, dikelilingi oleh tanaman tropis dan pasir, Wu memberi jarak aman bagi 36 tamu yang hadir di pagelaran busananya.

"Saya ingin membawa para penikmat mode ini ke Tulum Meksiko, di Semenanjung Yucatan," jelas Jason.

Baca juga: Tanpa pesta dan paparazzi, Paris siapkan pekan mode virtual

Baca juga: Yolanda Hadid turut tampil di Pekan Mode Paris


Sebelum memasuki lokasi pagelaran busana, setiap tamu yang diundang harus melalui pemeriksaan suhu tubuh dan mengisi kuesioner kesehatan, hingga akhirnya dipersilakan untuk masuk dan duduk di kursi yang telah disediakan.

Acara mode tersebut disiarkan langsung pada platform digital baru tempat sebagian besar desainer akan memamerkan koleksi mereka tanpa menghadirkan kerumunan orang seperti biasanya selama pekan mode.
Para model memeragakan koleksi busana karya Jason Wu, sebagai pembuka perhelatan New York Fashion Week di kota New York, Amerika Serikat pada Minggu (13/9) waktu setempat. ((Instagram/@nyfw))


Christian Siriano dan Rebecca Minkoff termasuk di antara desainer lain yang memutuskan untuk menggelar pagelaran busana secara langsung tetapi kali ini mereka harus mengurangi jumlah tamu penonton.

Pakaian yang diluncurkan Jason, adalah bagian dari lini busana wanita siap pakai yang lebih kasual daripada yang dia perlihatkan pada pertunjukan busana pertamanya.

Untuk musim semi 2021, Jason mendandani modelnya dengan warna-warni tropis seperti tropis, oranye dan merah muda. Beberapa gaun pantai dihiasi dengan aneka motif bunga dan dedaunan khas tropis.

Sejumlah look dilengkapi dengan topi matahari bertepi lebar, sandal tali bertabur manik-manik bergaya Teva yang saat ini sedang menjadi tren musim panas.

Jason mengatakan bahwa pagelaran busananya kali ini adalah bagian dari surat cintanya dari New York, yang mengharapkan liburan singkat mengingat dirinya belum kembali ke Taiwan sejak pandemi merebak di kota metropolitan New York.

"Setidaknya untuk sesaat, saya merasa seperti berada di surga," katanya.

Baca juga: Jason Wu akan buka New York Fashion Week 2021

Baca juga: Pekan mode Milan akan digelar "Phygital"

Baca juga: Pekan mode di Asia mulai digelar secara fisik pada Oktober

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020