Beijing (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih tinggi pada perdagangan Senin, membukukan keuntungan untuk hari kedua berturut-turut, didukung data ekonomi positif yang menunjukkan bahwa ekonomi secara luas bangkit dari guncangan Virus Corona lebih cepat dari yang diperkirakan.

Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai menguat 0,57 persen menjadi berakhir di 3.278,81 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua China terangkat 0,61 persen menjadi ditutup pada 13.021,99 poin.

Baca juga: Saham China dibuka lebih tinggi lanjutkan kenaikan akhir pekan lalu

Nilai transaksi gabungan saham-saham yang mencakup kedua indeks meningkat menjadi 769,4 miliar yuan (sekitar 112,55 miliar dolar AS) dari 684,5 miliar yuan (sekitar 100,1 miliar dolar AS) pada hari perdagangan akhir pekan lalu.

Saham-saham yang terkait dengan sektor perlindungan lingkungan mengalami kenaikan cukup besar, dengan saham Xiamen Zhongchuang Environmental Technology Co Ltd di Indeks ChiNext melonjak sebesar 19,95 persen menjadi ditutup pada 9,92 yuan.

Baca juga: IHSG ditutup melambung hingga 2,89 persen pada hari pertama PSBB

Baca juga: Saham Malaysia lanjutkan keuntungan, Indeks KLCI terangkat 0,43 persen

Melawan tren, saham-saham di sektor pertambangan batu bara, daging babi, dan industri susu mengalami kerugian besar.

Sementara itu Indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, melonjak 1,42 persen menjadi ditutup pada 2.572,6 poin.

Baca juga: Saham Hong Kong ditutup naik, Indeks Hang Seng terkerek 0,56 persen

Baca juga: Saham Tokyo menguat, ditopang kenaikan saham SoftBank Group

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020