Jakarta (ANTARA) - Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), frozen food atau makanan beku menjadi tren yang meningkat pesat sebagai pilihan penganan saat di rumah saja.

Hal ini kemudian mendorong munculnya berbagai jenis frozen food yang menunya tak kalah dengan restoran. Berikut ini adalah lima alasan frozen food menjadi makanan yang paling dicari PSBB menurut keterangan resmi Umara Group, Selasa.

Praktis diolah

Untuk bahan kuliner sehari-hari atau keadaan darurat, frozen food bisa jadi pilihan yang tepat karena lebih praktis untuk diolah. Anda bisa mengolah makanan beku siap saji dengan cara menggoreng, mengukus, atau sekedar merendamnya dengan air hangat. Proses pengolahannya pun cenderung lebih singkat daripada memasak makanan dari bahan mentah.

Tetap bernutrisi

Meski mudah diolah, bukan berarti frozen food tidak bernutrisi. Beberapa produk makanan siap saji seperti sayuran dan buah beku bahkan memiliki nutrisi yang lebih tinggi daripada makanan biasa.

Dilansir dari laman website The Academy of Nutrition and Dietetics Amerika Serikat, disebutkan bahwa frozen food dapat menyimpan vitamin dan mineral dan tidak mengubah kandungan karbohidrat, protein, sert lemak di dalamnya.

Hal ini karena frozen food buah dan sayuran langsung dibekukan setelah dipetik, sehingga kandungan nutrisinya cenderung masih utuh dibanding buah segar yang dapat dengan cepat berkurang nutrisinya jika hanya disimpan.

Baca juga: Makanan ini sebaiknya tidak dibekukan

Baca juga: Ingin konsumsi makanan kalengan saat corona? Ini syaratnya


Tahan lama

Salah satu keunggulan utama frozen food tentunya adalah kemampuannya bertahan lebih lama dibandingkan jenis makanan lainnya, namun kandungan nutrisi tetap terjaga. Saat ini banyak juga produk frozen food yang bebas bahan pengawet.

Banyak pilihan

Pilihan menu masakan frozen food kini sudah semakin beragam. Bukan cuma goreng-gorengan, kini telah tersedia masakan khas rumahan Indonesia sampai makanan barat.

Jenis frozen food ini biasanya terdiri dari berbagai komponen dalam suatu hidangan yang dibekukan seperti lauk, sayur, dan kuah dalam satu kemasan secara bersamaan. Contohnya, Laukita, milik aktor Dimas Beck yang menghadirkan berbagai masakan khas Indonesia seperti Oseng Mercon dan Ayam Kecombrang.

Lebih Higienis

Dalam proses pembuatan dan penyimpanannya di ruang kedap udara, makanan frozen food menghentikan proses pembentukan bakteri dan menjaga kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut.

Selain itu, frozen food pada umumnya dikemas dengan sangat baik untuk menjamin kebersihan dan keamanan makanan dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen. Pendistribusian frozen food juga sangat diperhatikan, agar bakteri maupun virus tidak masuk ke dalam yang dapat merusak kualitas makanan tersebut.

Baca juga: Pengusaha restoran sasar produk makanan beku untuk tambah omset

Baca juga: Virus corona ditemukan pada makanan laut beku di China

Baca juga: Apindo: Barang pokok dan makanan praktis bantu peningkatan omset UMKM

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020