Satu hotel di Jakarta Barat siap jadi tempat isolasi pasien COVID-19

Satu hotel di Jakarta Barat siap jadi tempat isolasi pasien COVID-19

Petugas Satgas COVID-19 mengecek tower lima Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Jumat (11/9/2020). Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 berencana membuka Tower lima yang berkapasitas 886 kamar atau sekitar 1.772 tempat tidur untuk pasien positif COVID-19 tanpa gejala guna melakukan isolasi mandiri. ANTARA FOTO/Ariella Annasya/gp/foc.

Jakarta (ANTARA) - Satu hotel di Jakarta Barat sudah dipersiapkan menjadi tempat isolasi bagi pasien COVID-19 tanpa gejala.

Lokasi tersebut adalah Hotel Ibis Budget di kawasan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

"Sementara yang baru kordinasi dengan Dinkes dan Sudinkes baru Hotel Ibis di Grogol Petamburan," ujar Kepala Suku Dinas Kesehatan Kristi Wathini di Jakarta, Selasa.

Kristi menyebutkan ada 150 kamar yang disediakan hotel tersebut untuk isolasi pasuen COVID-19. Satu kamar hanya dapat diisi satu pasien.

"Sekarang sudah diisi 15 pasien," ujar Kristi.

Kristi menambahkan, yang boleh diisolasi di hotel itu adalah pasien berkategori positif tanpa gejala berdasarkan konfirmasi hasil tes usap.

Baca juga: Ruang isolasi dua RSUD Covid-19 Jakarta Barat terpakai lebih 50 persen
Baca juga: Ruang isolasi dan ICU di 7 RS rujukan Jakarta terisi 100 persen


Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa jika ada pasien positif COVID-19 menolak untuk isolasi terpusat di tempat yang telah ditentukan, akan dilakukan penjemputan oleh petugas kesehatan dengan aparat penegak hukum.

Hal tersebut dilakukan karena isolasi mandiri di rumah tinggal memiliki potensi pada penularan COVID-19 klaster rumah sehingga isolasi mandiri di rumah harus dihindari.
Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020