Jayapura (ANTARA) - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) selama 2020 tercatat 46 kali melakukan tindak kekerasan di berbagai wilayah di Papua.

"Kekerasan oleh KKB itu menyebabkan sembilan orang meninggal termasuk empat orang, di antaranya anggota TNI-Polri," kata Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Kamal, di Jayapura, Selasa.

Baca juga: Pendeta Socrates: kekerasan harus segera dihentikan

Ia menyaatakan, 46 kasus itu tercatat 31 kasus diantaranya kontak tembak dengan TNI/Polri. Salah satu kasus adalah kasus penembakan terhadap dua tukang ojek di Sugapa yang terjadi Minggu (13/9), yang juga dilakukan KKB.

Kedua korban, yakni Laode Anas Munawir (33) yang terluka tembak dibawa pusar dan luka sayat di atas kening, dan Fathur Rahman (23) yang terluka tembak di lengan tangan sebelah kanan, dan dalam keadaan stabil.

Baca juga: Kapolda: 111 meninggal akibat kekerasan di Papua

Saat ini belum dipastikan KKB dari kelompok mana yang melakukan penembakan terhadap kedua korban. "Penyelidikan masih dilakukan karena dari laporan yang diterima Kabupaten Intan Jaya merupakan daerah lintasan bagi anggota KKB," kata Kamal.

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020