Kemarin, neraca dagang Agustus surplus hingga 30 juta vaksin tahun ini

Kemarin, neraca dagang Agustus surplus hingga 30 juta vaksin tahun ini

Pekerja melakukan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (15/5/2020). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (15/9) kemarin mulai dari neraca perdagangan Indonesia yang surplus 2,33 miliar dolar AS pada Agustus 2020, sampai 30 juta dosis vaksin COVID-19 akan diterima Indonesia pada kuartal IV tahun ini.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. BPS catat neraca perdagangan Agustus 2020 surplus 2,33 miliar dolar AS

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Agustus 2020 mengalami surplus 2,33 miliar dolar AS dengan nilai ekspor 13,16 miliar dolar AS dan impor 10,74 miliar dolar AS.

“Surplus ini masih jauh lebih besar dibandingkan posisi neraca perdagangan Agustus 2019 yang waktu itu surplus 92,6 juta dolar AS. sehingga kita berharap ke depan ekonomi membaik, surplus kita meningkat dan ekonomi bisa pulih kembali,” kata Kepala BPS Suhariyanto pada konferensi pers yang disiarkan secara virtual di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

2. Industri rokok diminta percepat serap semua tembakau petani Temanggung

Bupati Temanggung M Al Khadziq meminta perwakilan industri rokok di Kabupaten Temanggung menyerap semua tembakau petani setempat pada masa panen tahun ini.

Khadziq di Temanggung, Jawa Tengah, Senin, meminta perwakilan pabrik rokok mempercepat penyerapan tembakau dari petani sampai habis dan memohon agar harga beli sesuai dengan kualitas tembakau Temanggung.

Baca selengkapnya di sini

3. Sri Mulyani sebut ekonomi triwulan III masih tumbuh di zona negatif

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ekonomi pada triwulan III-2020 belum bisa tumbuh positif, bahkan bisa tumbuh lebih rendah dari perkiraan pada kisaran minus dua persen hingga nol persen.

"Mungkin lower end dari minus 2,1 persen atau lebih rendah, itu perkiraan terbaru berdasarkan assessment pergerakan dalam dua minggu. Kita berharap tidak terlalu jauh," kata Sri Mulyani dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

4. Pegadaian perpanjang program gadai tanpa bunga hingga akhir tahun

PT Pegadaian (Persero) memperpanjang program Gadai Peduli atau gadai tanpa bunga 0 persen kepada masyarakat yang memiliki pinjaman kurang dari Rp1 juta sampai tanggal 31 Desember 2020.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian (Persero) Basuki Tri Andayani mengatakan bahwa program bunga 0 persen merupakan bukti kepedulian perusahaan terhadap masyarakat selama pandemi COVID-19. Program Gadai Peduli ini sudah berlangsung sejak Mei 2020.

Baca selengkapnya di sini

5. Menko Airlangga: 30 juta dosis vaksin diterima pada kuartal IV-2020

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan 30 juta dosis vaksin COVID-19 akan diterima Indonesia pada kuartal IV tahun ini sehingga kuartal I tahun depan sudah mulai dapat dilakukan vaksinasi.

“30 juta sudah komitmen untuk bisa diberikan di kuartal IV (2020) sehingga di kuartal I (2021) kita bisa melakukan vaksinasi subjek kepada keberhasilan dalam pengetesan clinical trial,” katanya dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini
 
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020