Ratusan masker dibagi PWI Agam-BPJS Kesehatan ke jamaah shalat Jumat

Ratusan masker dibagi PWI Agam-BPJS Kesehatan ke jamaah shalat Jumat

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Agam, Sumatera Barat Masri Bakri (kiri) didampingi Ketua PWI Agam Mursyidi menyerahkan masker ke jamaah shalat Jumat di Masjid Nurul Falah Talago, Kecamatan Lubukbasug, Jumat (18/9/2020). (FOTO ANTARA/FathulAbdi)

Lubukbasung, Sumbar (ANTARA) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Agam, Sumatera Barat bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bukittinggi membagikan sebanyak 300 lembar masker kepada jamaah shalat Jumat di lima masjid yang tersebar di Kecamatan Lubukbasung dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 di daerah itu.

Ketua PWI Agam, Mursyidi di Lubukbasung, Ibu Kota Kabupaten Agam, Jumat, mengatakan masker itu dibagikan ke jamaah Masjid Al Wustha Pulai, Masjid Jihat Bancah Taleh, Masjid Nurul Falah Talago dan Masjid Nur Abrar Kampuang Sawah.

"Masing-masing masjid mendapatkan 40 hingga 60 lembar masker," tambahnya.

Ia menyebutkan jamaah masjid yang mendapatkan bantuan itu berdasarkan usulan dari pengurus PWI setempat.

Pada umumnya jamaah masjid yang dibantu masker berada di daerah pinggiran Kecamatan Lubukbasung dan sebagian jamaah ada yang tidak memakai masker saat menunaikan ibadah.

Dengan bantuan itu, kata dia, diharapkan jamaah akan memakai masker setiap melaksanakan kewajiban menunaikan shalat sehingga jamaah masjid terhindar dari COVID-19.

"Ini tujuan kami dalam menyerahkan ratusan masker itu, dan program ini berkat kerja sama PWI Agam dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bukittinggi," katanya.

Sementara Kepala BPJS Kesehatan Kantor Agam Masri Bakri menambahkan kerja sama pembagian masker dengan PWI ini juga dilakukan di PWI Kota Bukittinggi, PWI Kota Padang Panjang dan PWI Kabupaten Pasaman.

Bantuan itu, kata dia, adalah bentuk kepedulian BPJS Kesehatan terhadap penyebaran COVID-19 di Sumbar, terutama di Agam karena Agam merupakan daerah penyebaran COVID-19 terbanyak kedua di Sumbar setelah Kota Padang.

"Jumlah pasien positif COVID-19 di Agam mencapai 379 orang," katanya.

Masri Bakri mengimbau warga untuk tetap menerapkan protokoler kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan setiap saat dan menjaga jarak agar tidak terkontaminasi dengan COVID-19.

Pengurus Masjid Al Wusta Pulai, Syahril mengucapkan terima kasih atas bantuan masker karena jamaah banyak tidak memakai masker saat shalat.

"Kami telah mengumumkan agar jamaah untuk memakai masker saat menunaikan shalat lima waktu," tambahnya.

Baca juga: Kontak pasien, lima petugas kesehatan di Agam-Sumbar positif COVID-19

Baca juga: Satu balita di Agam berstatus PDP dirujuk ke RSUP M Djamil Padang

Baca juga: Dua anak dari pasien positif COVID-19 di Agam terkonfirmasi corona

Baca juga: Seorang kafilah Agam positif COVID-19 saat seleksi MTQ
Pewarta : Altas Maulana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020