Dua tentara Turki tewas dalam serangan di Irak utara

Dua tentara Turki tewas dalam serangan di Irak utara

Anggota PKK dalam perayaan militer di kawasan Kurdistan (14/08/2017) (ANF) (ANF/)

Ankara (ANTARA) - Dua tentara Turki tewas dan seorang lainnya cedera setelah militan Kurdi menembakkan roket ke pangkalan militer di Irak utara, kata Kementerian Pertahanan Turki dalam sebuah pernyataan, Jumat.

Turki secara teratur menyerang militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), baik di wilayah tenggara yang sebagian besar dikuasai Kurdi dan di Irak utara, tempat kelompok itu bermarkas.

Pada Juni, Ankara melancarkan serangan darat baru, yang dijuluki Operation Claw-Tiger (Operasi Cakar Harimau), yang membuat pasukan Turki masuk lebih jauh ke dalam Irak.

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan "tembakan pelecehan" oleh peluncur roket pada Kamis menewaskan dua tentara Turki di salah satu pangkalan militer Turki di dekat Irak.

PKK, yang ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa, mengangkat senjata melawan negara Turki pada 1984. Lebih dari 40.000 orang telah tewas dalam konflik yang berpusat di Turki tenggara.

Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Dalam Negeri Turki mengatakan sebanyak 71 militan PKK telah tewas sejak 13 Juli sebagai bagian dari serangkaian operasi di dalam negeri Turki, yang dijuluki "Operasi Petir".

Kementerian tersebut menambahkan bahwa 38 orang kaki tangan PKK juga telah ditangkap.

Sumber: Reuters

Baca juga: Turki mulai uji coba tahap akhir vaksin Sinovac buatan China

Baca juga: Turki tak berharap sanksi EU atas sengketa di Mediterania timur
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020