Kami ada beberapa kanal yang bisa dikembangkan untuk konten UMKM dan pariwisata, tinggal disinkronkan dengan program pemerintah provinsi
Semarang (ANTARA) - Lembaga Penyiaran Televisi Republik Indonesia (TVRI) siap mempromosikan berbagai potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta objek wisata di Provinsi Jawa Tengah guna mengangkat perekonomian serta pariwisata saat pandemi COVID-19.

"Ke depan kami ingin Pemprov Jateng berkolaborasi dengan TVRI, kami ada beberapa kanal yang bisa dikembangkan untuk konten UMKM dan pariwisata, tinggal disinkronkan dengan program pemerintah provinsi. Ada empat jam tiap hari terlepas dari program nasional," kata Direktur Utama TVRI Iman Brotoseno usai beraudiensi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Senin.

Menurut dia, TVRI merupakan stasiun televisi yang memiliki konten bagus dan kreatif sehingga nantinya akan banyak hal yang dapat dikerjasamakan dengan Pemprov Jateng, mulai dari sosialisasi program pembangunan, termasuk UMKM dan pariwisata.

Program tayangan tersebut, lanjut dia, juga sesuai dengan Lapak Ganjar yang ada di media sosial untuk pengembangan UMKM.

"Jadi kanal ini nantinya juga seperti mempromosikan UMKM di Jateng. Inikan masa pandemi, dan TVRI menjadi salah satu motor penggerak ekonomi melalui konten UMKM dan pariwisata," ujarnya.

Terkait dengan rencana program kanal tersebut, Iman mengungkapkan akan segera dimulai.

"Secepatnya, kalau bisa minggu depan sudah tayang. Ini memang sesuai arahan Pak Jokowi bahwa TVRI membantu perekonomian dan pariwisata di masa pandemi," katanya.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo menyebutkan bahwa potensi di Jawa Tengah banyak yang perlu diangkat, salah satunya adalah UMKM dan pariwisata.

"Nantinya, program kanal TVRI lebih baiknya di-cover oleh media sosial, cerita yang ditayangkan dipotong kecil-kecil menjadi cerita yang sangat menarik," ujarnya.

Ganjar berharap kekayaan Jawa Tengah dapat digali sedemikian rupa oleh TVRI.

"Jejak digital itu dapat diikuti tanpa harus mengikuti secara live. Ini bagian dari inovasi penyiaran," katanya.

Baca juga: Ganjar borong 3 juta masker kain, produksi UMKM di Jawa Tengah
Baca juga: Ganjar dan Erick Thohir sepakat bangkitkan UMKM pascapandemi COVID-19
Baca juga: TVRI siap hidupkan lagi program Kabar Senator

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020