BPBD DKI ingatkan adanya potensi hujan lebat

BPBD DKI ingatkan adanya potensi hujan lebat

Ilustrasi - Sebagian wilayah DKI Jakarta tergenang banjir. ANTARA/HO-BNPB

Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta memberikan peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi hujan lebat ditambah dengan tingginya muka air di pos pintu air Angke Hulu yang masuk level siaga 2.

Berdasarkan data dari BPBD DKI Jakarta yang dikutip melalui laman resminya di Jakarta, Selasa, prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan wilayah DKI Jakarta berpotensi mengalami hujan lebat dengan angin kencang yang disertai dengan petir atau kilat dalam durasi pukul 2.45 WIB hingga 6.45 WIB.

Wilayah yang perlu diwaspadai adalah Jakarta Selatan Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, Pesanggrahan, Pancoran, Pasar Minggu, Jagakarsa. Wilayah Jakarta Pusat di Sawah Besar, Kemayoran, Gambir, Senen, Cempaka Putih, Menteng, Tanah Abang, dan Johar Baru.

Baca juga: BPBD kota Bogor ingatkan warga waspadai meluapnya Ciliwung

Selain itu Jakarta Timur di Pulogadung, Jatinegara, Cakung, Matraman, Kramat Jati, Pasar Rebo, Duren Sawit, Makasar, Ciracas, Cipayung. Wilayah Jakarta Utara di Tanjung Priok, Penjaringan, Koja, Pademangan, Cilincing, Kelapa Gading.

Sementara wilayah Jakarta Barat di Tambora, Grogol Petamburan, Taman Sari, Cengkareng, Kebon Jeruk, Palmerah, Kalideres, dan Kembangan.

Sementara tinggi muka air di pos Angke Hulu meningkat menjadi siaga 2 atau waspada sejak pukul 01.00 WIB hingga saat ini seiring meningginya debit air di Bendung Katulampa Bogor. Namun tinggi muka air di sejumlah pos pintu air lainnya di DKI Jakarta terpantau normal atau pada level siaga 4.

BPBD DKI Jakarta juga telah menginformasikan mengenai kewaspadaan akan potensi terjadinya bencana banjir kepada warga di bantaran sungai seiring meningkatnya muka air di pos pintu air Angke Hulu.

Baca juga: Delapan jalan di Jakarta tergenang air hujan

Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020