Gmail kini bisa disetel jadi email "default" di iOS 14, begini caranya

Gmail kini bisa disetel jadi email

Ilustrasi Gmail (google.com)

Jakarta (ANTARA) - Google baru saja merilis pembaruan resmi untuk Gmail, yang memungkinkannya disetel sebagai aplikasi surel default untuk perangkat iOS 14.

iOS 14, yang dirilis oleh Apple pekan lalu, menambahkan opsi bagi pengguna untuk menyetel aplikasi email pihak ketiga sebagai default untuk perangkat iPhone dan iPad yang menjalankan versi terbaru sistem operasi Apple.

Namun, masih menjadi tanggung jawab pengembang untuk benar-benar menambahkan dukungan untuk fitur tersebut, yang dilakukan oleh pembaruan Gmail terbaru.

Setelah menginstal update terbaru Gmail, dikutip dari The Verge, Selasa, pengguna cukup membuka aplikasi Pengaturan di iOS, pilih menu "Gmail," dan temukan menu "Aplikasi Email Default" yang baru ditambahkan.

Google juga mengatakan bahwa aplikasi Gmail memberi petunjuk kepada pengguna setelah mereka melakukan pembaruan.

Perlu diperhatikan, menurut laporan The Verge, iOS tampaknya memiliki bug yang secara otomatis mengalihkan browser pihak ketiga dan aplikasi email kembali ke Mail dan Safari, default Apple. Apple belum mengomentari atau mengumumkan kapan akan menangani masalah tersebut.

Google telah sepenuhnya menggunakan opsi baru Apple tersebut untuk aplikasi default. Raksasa mesin pencari itu telah menambahkan dukungan untuk Chrome dapat disetel sebagai browser default di iOS 14, bahkan sebelum rilis final perangkat lunak Apple tersebut.

Baca juga: Google Drive akan mulai hapus file yang dibuang mulai bulan depan

Baca juga: Google Meet dapat pembaruan desain untuk iOS dan Android

Baca juga: Google upayakan kinerja Chrome 10 persen lebih cepat
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020