Gresik, Jatim (ANTARA) - Mantan Bupati Gresik Robbach Ma'sum yang pernah memimpin wilayah itu selama 10 tahun (2000-2010) dikabarkan tutup usia di kediamannya, Jalan Kalimantan, Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) Kabupaten Gresik, Jatim, pada Selasa sekitar pukul 05.00 WIB.

Berita duka itu tersebar melalui pesan berantai di sejumlah grup jurnalis Kabupaten Gresik yang berbunyi "Innalillahi wainna ilaihi rojiun, telah meninggal dunia, KH Robbach Ma'sum, mantan Bupati Gresik di kediamannya Jalan Kalimantan sekitar pukul 05.00 WIB. Semoga semua amal kebaikan almarhum diterima Allah SWT. Keluarga ditinggalkan diberikan ketabahan.

Baca juga: Robbach Ma`sum Akui Jadi Bupati Terbandel di Jatim

Kabag Humas Protokol Pemkab Gresik Reza Pahlevi dikonfirmasi membenarkan berita itu dan beberapa pejabat serta pemegang kebijakan juga akan melakukan takziah atau berkunjung ke rumah duka.

Sementara itu, Robbach Ma'sum merupakan sesepuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kabupaten Gresik dan politisi senior di Jawa Timur.

Robbach juga sering menjadi "jujugan" para politikus muda khususnya di wilayah pantai utara (pantura) Gresik, Lamongan dan Bojonegoro untuk belajar berpolitik atau hanya meminta restu maju dalam pelaksanaan Pilkada.

Robach yang mempunyai latar belakang dari kalangan pesantren itu mempunyai segudang pengalaman sebagai pemimpin organisasi, baik agama maupun kemasyarakatan.

Sebelumnya, dalam Pilpres 2019, KH Robbach Ma’sum juga mendukung penuh, bahkan mengaku telah mewakafkan dirinya untuk kemenangan pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020