Dukung ekspansi bisnis, Pefindo Biro Kredit rombak susunan pengurus

Dukung ekspansi bisnis, Pefindo Biro Kredit rombak susunan pengurus

Direksi Pefindo bersama Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen saat meluncurkan produk anyar Pefindo Biro Kredit yang diberi label ldBenchmarking di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin. ANTARA/HO-Pefindo

Jakarta (ANTARA) - PT Pefindo Biro Kredit merombak susunan pengurus dalam rangka memperkuat manajemen guna mendukung strategi ekspansi bisnis perusahaan ke depannya.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Pefindo Biro Kredit, menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan dengan mengangkat Wahyu Trenggono sebagai Direktur menggantikan Djoko Saptono.

Direktur Utama Pefindo Biro Kredit, Yohanes Arts Abimanyu dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa menyampaikan perubahan susunan pengurus dimaksudkan sebagai upaya memperkuat manajemen perusahaan guna mendukung strategi ekspansi bisnis berupa perluasan pangsa pasar dan pengembangan produk yang berbasis layanan data digital dan teknologi.

"Perubahan ini merupakan wujud komitmen pemegang saham dalam mendukung ekspansi bisnis dan pertumbuhan berkesinambungan," katanya.

Ia menambahkan manajemen baru diharapkan dapat lebih mendorong percepatan pertumbuhan bisnis ke depan sesuai perkembangan usaha yang semakin dinamis.

Saat ini, ia mengemukakan tidak kurang dari 308 lembaga keuangan telah bergabung dengan Pefindo Biro Kredit guna memanfaatkan akses layanan informasi perkreditan yang disediakan.

Ke depannya, lanjut dia, layanan perusahaan akan menjadi end to end solution yang dapat dimanfaatkan lembaga keuangan dalam setiap tahap siklus kredit secara terintegrasi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas kredit, menurunkan kredit bermasalah (non performing loan/NPL), mengurangi terjadinya moral hazard dan informasi asimetris serta mendukung inklusi keuangan dalam hal akses ke pembiayaan.

"Transformasi digital dan perkembangan industri jasa keuangan yang semakin pesat menuntut pihak kami untuk terus beradaptasi dan melakukan berbagai inovasi dalam menyediakan layanan informasi perkreditan yang bernilai tambah bagi industri jasa keuangan termasuk memperluas basis keanggotaan serta mendukung peningkatan inklusi keuangan. Namun demikian kami tetap mengedepankan prinsip tata kelola yang baik dalam melakukan kegiatan usaha termasuk aspek keamanan informasi," kata Abimanyu.

Sementara itu, susunan dewan komisaris dan direksi Pefindo Biro Kredit yang baru, yakni Komisaris Utama dijabat oleh Hamdi Hassyarbaini, dan Komisaris dijabat oleh Endang Kussulanjari Tri Subari.

Sementara Direktur Utama dijabat oleh Yohanes Arts Abimanyu, dan posisi Direktur dijabat oleh Mohammad Mukhlis dan Wahyu Trenggono.

PT Pefindo Biro Kredit merupakan Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan yang sahamnya dimiliki oleh PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Pegadaian (Persero), PT Taspen (Persero), PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma), PT Consumer Information Consulting dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia.

Baca juga: Risiko debitur turun, Pefindo optimistis kredit tumbuh 10 persen
Baca juga: Waskita Karya raih rating BBB+ dari Pefindo
Baca juga: Angkasa Pura I raih peringkat idAAA dari Pefindo
Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020