Polda Jambi pasang aplikasi Asap Digital di Mabes Polri

Polda Jambi pasang aplikasi Asap Digital di Mabes Polri

Anggota Subdit IV Ditreskrimsus Polda Jambi melihat layar usai memasang Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla secara Digital (Asap Digital) di ruangan As Ops Kapolri, Jakarta, Rabu (23/9/2020). ANTARA/HO-Polri/am.

Jakarta (ANTARA) - Anggota Subdit IV Ditreskrimsus Polda Jambi memasang Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Karhutla secara digital (Asap Digital) di ruangan As Ops Kapolri, Mabes Polri, Jakarta, Rabu.

Pemasangan aplikasi Asap Digital di ruangan dan smartphone As Ops Kapolri ini untuk memudahkan pengawasan karhutla di Provinsi Jambi.

"Ya, personel kami hari ini memasang Aplikasi Asap Digital di ruangan kerja dan tablet smartphone As Ops Kapolri di Mabes Polri," kata Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi melalui Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi dalam siaran pers.

Baca juga: Pangdam II apresiasi Asap Digital Polda Jambi antisipasi karhutla

Baca juga: Polda Jambi pasang 30 CCTV "asap digital" antisipasi karhutla


Alumni Akpol 1994 ini menambahkan bahwa personel-nya juga menjelaskan tata cara penggunaan Aplikasi Asap Digital ini kepada staf Sops Polri.

Aplikasi Asap Digital ini merupakan inovasi Polda Jambi dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan yang digagas oleh Direskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Edi Faryadi bekerja sama Telkom Jambi dan perusahaan perkebunan.

Berbagai upaya dilakukan Polda Jambi dalam mengatasi terjadinya karhutla. Salah satunya dengan meluncurkan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Kahutla Digital (Asap Digital).

Dalam menerapkan aplikasi ini, Polda Jambi bekerja sama dengan Telkom untuk memasang 30 CCTV di sejumlah titik rawan karhutla. Sejauh ini, setidaknya ada 12 titik atau lokasi dalam proses pemasangan CCTV yang langsung bisa dipantau dari command center di Mapolda Jambi.

Sejak diluncurkan, CCTV Asap Digital telah berhasil memantau dua kebakaran yang berhasil dipadamkan dalam waktu cepat sehingga api tidak sempat membesar, yakni di Sungai Aur dan di Suak Kandis, Kabupaten Muarojambi.

Baca juga: Telkom siap bantu pencegahan karhutla di Jambi
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020