Pilkada Lamongan dipastikan diikuti tiga paslon

Pilkada Lamongan dipastikan diikuti tiga paslon

Ilustrasi - Pilkada 2020 (Antara Jatim/Naufal Ammar)

Lamongan, Jatim (ANTARA) - Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Lamongan, Jatim, dipastikan diikuti tiga pasangan calon (paslon), masing-masing pasangan Kartika Hidayati-Saim (KarSa), pasangan Yuhronur Efendi-KH Abdul Rouf (YesBro) serta pasangan Suhandoyo dan Astiti Suwarni.

Ketua KPU Lamongan Mahrus Ali ketika dikonfirmasi di Lamongan, Rabu mengatakan, tiga paslon itu dipastikan mengikuti Pilkada setelah ditetapkan dalam rapat tertutup penetapan paslon KPU Lamongan.

"Iya, KPU Lamongan telah menetapkan tiga paslon tersebut layak mengikuti Pilkada 2020, setelah dilakukan pemeriksaan dan verifikasi berkas-berkas yang diajukan," ujar Mahrus.

Baca juga: Tiga bapaslon resmi mendaftar Pilkada Lamongan

Baca juga: Bapaslon Pilkada Lamongan diminta teken kepatuhan protokol kesehatan


Mahrus menjelaskan, pelaksanaan penetapan paslon sengaja dilakukan tertutup di Kantor KPU Lamongan, tujuannya untuk menghindari keramaian karena mengacu pada protokol kesehatan,

Mahrus mengatakan, untuk berkas terakhir yang diverifikasi KPU Lamongan adalah berkas pencalonan Astiti Suwarni yang merupakan istri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wahid Wahyudi untuk berpasangan dengan Suhandoyo.

Astiti Suwarni diajukan Suhandoyo untuk menggantikan bacawabup Muhammad Su'udin yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan sebagai peserta Pilkada Lamongan 2020.

Agenda selanjutnya, kata Mahrus, adalah penetapan nomor peserta paslon Pilkada Lamongan yang akan dilakukan pada Kamis (24/9) di Lamongan.

Sementara itu, Suhandoyo dan Astiti Suwarni merupakan pasangan yang maju dari jalur perseorangan, sedangkan dua paslon lainnya masing-masing pasangan Kartika Hidayati-Saim (KarSa) diusung PKB dan PDI Perjuangan, dan pasangan Yuhronur Efendi-KH Abdul Rouf (YesBro) diusung PPP, PAN, Demokrat, Golkar, Hanura, Perindo, dan Gerindra serta PKS.
Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020