..di tengah pandemi COVID-19, banyak dari pengrajin kita yang mati suri..
Gianyar, Bali (ANTARA) - Kelompok Tenun Cagcag Merak Mas Banjar Pengembungan Pejeng Kangin Tampaksiring dan KUB Garuda Kencana Banjar Pakudui Kedisan Tegallalang menerima bantuan peralatan dan peningkatan kapasitas dari PT PLN Unit Induk Distribusi Bali, agar dapat meningkatkan produksinya.

“Untuk menggairahkan kembali UMKM terutama tenun dan kayu di Kabupaten Gianyar, Dekranasda Kabupaten Gianyar melalui CSR dengan PLN, memberikan bantuan peralatan dan peningkatan kapasitas para pengrajin tenun,” kata I Wayan Suardana, Asisten 1 Setda Kabupaten Gianyar, demikian siaran pers Diskominfo Gianyar yang diterima, Kamis.

Dekranasda bekerjasama dengan PLN menyerahkan bantuan berupa peralatan tenun cagcag pada Kelompok Tenun Merak Mas Banjar Pengembungan Desa Pejeng Kangin Tampaksiring dan peralatan pengolahan kayu kepada KUB Garuda Kencana Banjar Pakudui Desa Kedisan, Kecamatan Tegallalang masing-masing senilai Rp70 juta.

Bantuan berupa peralatan tenun cagcag dan peralatan pengolahan kayu diserahkan oleh Asisten 1 Setda Kabupaten Gianyar I Wayan Suardana, didampingi oleh GM PT PLN Unit Induk Distribusi Bali Adi Priyanto, Manager UP3 Bali Timur Edi Cahyono, Manager ULP Gianyar Billy Ramadhana, Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Gianyar Luh Gede Eka Suary dan para Kepala Bidang Dekranasda Kabupaten Gianyar, di Halaman Belakang Kantor Bupati Gianyar, Rabu.

Bupati Gianyar mengucapkan terimakasih pada PT PLN karena telah ikut peduli pada perkembangan industri kerajinan di Kabupaten Gianyar. "Apalagi di tengah pandemi COVID-19, banyak dari pengrajin kita yang mati suri bahkan tidak sedikit yang gulung tikar. Hal ini paling banyak diakibatkan penurunan permintaan barang kerajinan," kata Wayan Suardana.

Banyak upaya telah dilakukan oleh Pemkab Gianyar bersama Dekranasda Kabupaten Gianyar untuk membangkitkan kembali pengrajin di Gianyar. Salah satunya adalah melakukan kegiatan bimtek pembuatan masker, pameran pasar gotong royong, kunjungan dan pembinaan ke pengrajin dan penyerahan berbagai bantuan pada para pengrajin seperti beras dan masker pada 1200 perajin terdampak sebanyak 30 ton beras dan 10.000 masker.

Sementara itu GM PT PLN Unit Induk Distribusi Bali Adi Priyanto menyatakan suatu kewajiban bagi PT PLN untuk membantu masyarakat sekitar. Dalam hal ini pemberian CSR yang akan kami serahkan pada para pengrajin di Kabupaten Gianyar melalui Bupati Gianyar. “Semoga bantuan ini dapat mensejahterakan para pengrajin di Kabupaten Gianyar,” katanya.
 Menurut Adi Priyanto, pada tahun 2020 ini total bantuan CSR yang diserahkan sebesar Rp2,1 miliar yang hingga triwulan ke III tahun 2020 sudah tersalurkan sebanyak Rp1,7 miliar atau 84 persen dari target.

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2020