Ekspedisi Mapala UIN Jambi sukses perdana mendaki Gunung Talamau

Ekspedisi Mapala UIN Jambi sukses perdana mendaki Gunung Talamau

Tim Mapala UIN Jambi sebelum menjalani pendakian Gunung Talamau di Sumatera barat.(ANTARA/Nanang Mairiadi/HO)

Jambi (ANTARA) - Tim Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Sutha Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dalam melaksanakan kegiatan ekspedisi 'Triple Summit' gunung Talamau-Talang-Tandikat sukses melakukan pendakian perdana ke Gunung Talamua, Sumatera Barat.

Kegiatan yang berlangsung selama 10 hari pekan lalu itu di awali dengan pendakian gunung Talamau, merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat yang berada Pasaman Barat dengan ketinggian 2.982 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL) berhasil dicapai, kata Ketua Umum Mapala Sutha UIN STS Jambi, Azka Mumtaz, Jumat.

Dengan memberangkatkan 17 anggota Mapala Sutha dan seorang pendamping yakni Moh Nazori selaku Kasubag Kemahasiswaan UIN STS Jambi, kegiatan yang berlangsung pada 5-15 September lalu, di lepas langsung oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Dr Bahrul Ulum S.Ag, Ma.

"Ini menjadi pencapaian yang baik dengan pendakian yang melibatkan 18 orang, tim kami berhasil menaiki gunung yang dijuluki atap Sumatera Barat tersebut dan Alhamdulillah selama pendakian gunung Talamau mulai dari awal pendakian hingga turun kami semua di berikan kesehatan dan keselamatan," katanya.

Baca juga: Jalur pendakian Gunung Ciremai sudah dibuka kembali

Baca juga: Kementerian LHK izinkan wisata pendakian Gunung Rinjani Lombok


Selama pendakian gunung Talamau dalam ekspedisi 'Triple Summit', Azka juga menuturkan kendala yang mereka hadapi, terutama pada kondisi cuaca yang tidak mendukung ketika mendaki gunung Talamau diguyur hujan, bukan hanya itu trek atau jalur pendakian yang begitu jauh ditambah hujan yang turun sehingga jalur semakin sulit dilalui membuat waktu ekspedisi bertambah, tambahnya.

"Karena faktor cuaca maka waktu kami banyak berkurang dan fokus pada Gunung Talamau saja sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan pada dua gunung yang tersisa lainnya yakni gunung Talang dan Tandikat namun demikian untuk dua gunung yang tersisa yakni gunung itu tetap akan berlanjut pada waktu yang akan datang," kata Azka.

Ekspedisi 'Triple Summit' ini akan terus berlanjut walaupun untuk ekspedisi kali ini hanya dapat mencapai satu gunung yaitu gunung Talamau. Dalam ekspedisi kali ini Mapala Sutha UIN STS Jambi juga memperkenalkan UIN STS Jambi kepada masyarakat luas di Pasaman Barat, Suamtera Barat.

"Semoga dengan kegiatan seperti ini Mapala dapat memperkenalkan UIN STS Jambi kepada masyarakat luas," kata Azka.

Baca juga: Gunung Marapi ditutup untuk pendakian pada malam tahun baru

Baca juga: Jalur pendakian Kerinci lewat Sumbar bisa digunakan tahun ini
Pewarta : Nanang Mairiadi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020