Menjajal kemampuan kustomisasi OPPO ColorOS 11

Menjajal kemampuan kustomisasi OPPO ColorOS 11

OPPO ColorOS 11 (ANTARA/Ho)

Jakarta (ANTARA) - Merek ponsel pintar OPPO belum lama ini meluncurkan ColorOS 11 yang berbasis pada pembaruan Android 11, sistem ini memiliki kemampuan kustomisasi sehingga membuat ponsel jadi personal.

ColorOs 11 mengusung tema "Make Life Flow" dan mempertahankan fitur-fitur stock Android favoritnya. Sistem ini menawarkan sebuah babak baru dalam UI Customization untuk membantu pengguna mewujudkan imajinasi dan meningkatkan pengalaman personalisasi mereka.

Untuk menjajal kemampuan ColorOS 11 ini, digunakan ponsel OPPO seri Find X2 Pro yang memang telah tersedia sejak 14 September. Berikut adalah beberapa kemampuan yang dapat ditemukan dalam ColorOS 11.
OPPO ColorOS 11 (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)


Baca juga: Oppo umumkan ColorOS 2.0 untuk Find 7

Baca juga: Oppo luncurkan versi resmi ColorOS 7 berbasis Android 10

Baca juga: Oppo siapkan ponsel baru awal bulan depan


Kustomisasi tampilan layar ponsel
Dalam pembaruan ini, pengguna dapat menciptakan Always-On Display, tema, wallpaper, font, ikon hingga nada dering sesuai dengan gaya dan mood sehingga mampu menghilangkan rasa bosan pada tampilan pon yang itu-itu saja seperti bentuk ikon pada tool bar serta berapa banyak kolom atau baris yang terlihat layar. Hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tersedia juga 10 warna dalam lima skema yang dapat diterapkan ke kontrol dan ikon untuk memastikan pengalaman visual yang konsisten.

Anda juga bisa menciptakan Always-On Display dengan desain sendiri. ColorOS menyediakan pattern dasar, kemudian Anda bisa mengkreasikannya dengan gaya Anda sendiri. Menariknya, kreasi ini mengikuti ke mana jari Anda bergerak.

Untuk wallpaper, Anda juga bisa menciptakannya sendiri bahkan dengan menggunakan foto pribadi. Algoritma khusus di ColorOS 11 akan mengatur ulang serta menganalisis warna dan menghasilkan wallpaper kreatif dengan gaya berbeda berdasarkan referensi foto Anda.
OPPO ColorOS 11 (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)


Membuat nada dering
Jika biasanya nada dering diganti lagu favorit, kini Anda bisa menciptakan sebuah nada dering sendiri. Nada tersebut dapat disesuaikan melalui panel geser. Anda cukup memilih nada dan irama musik secara real time.

Bila menyukai musik dengan beat yang cepat, Anda hanya perlu menggesernya ke arah fast. Namun jika menyukai musik yang membuat rileks, cukup membawanya pada bagian relaxing. Anda juga bisa menciptakan beragam musik dan menyimpannya.

Kustomisasi mode gelap
Kebanyakan ponsel hanya memiliki satu warna saja yakni hitam pada fitur mode gelap. Pada ColorOS 11, mode gelap ini telah dikembangkan lebih jauh dengan menawarkan tiga skema warna.

Warna-warna tersebut menawarkan tingkat kontras yang berbeda serta mengatur waktu mulai dan mati otomatis. Anda juga bisa menyesuaikan dengan pagi dan malam sehingga nyaman di mata.
OPPO ColorOS 11 (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)


Baca juga: OPPO Watch dilengkapi Google Fit, pantau penghitungan kegiatan fisik

Baca juga: Huawei hingga Samsung, daftar smartwatch mulai harga Rp1 jutaan

Baca juga: Fitur wajib ada di ponsel versi Tara Basro dan Arifin Putra


OPPO Relax dan suara kota-kota ikonik
OPPO Relax 2.0 sudah diperkenalkan di ColorOS 7 sebagai aplikasi yang menyediakan suara alam gratis. Pada ColorOS 11, terdapat fitur baru bernama Sound Mix yang memungkinkan Anda memilih berbagai pilihan suara termasuk suara alami, perkotaan, ASMR dan lainnya serta membuat campuran white noise yang nyata sesuai keinginan.

Setiap kota selalu memiliki suara-suara yang ikonik. Pada OPPO Relax ini, Anda dapat mendengarkan suara keramaian dari kota-kota besar seperti Beijing, Tokyo, Bangkok dan Reykjavik. Tiap kota juga memiliki tempat-tempat yang khas dan suaranya akan mengingatkan Anda pada daerah tersebut.
OPPO ColorOS 11 (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)


3-Finger Translate
ColorOS 11 sudah terintegrasi dengan Google Lens, ini yang membuat Anda dapat menerjemahkan teks pada aplikasi, halaman web atau gambar ke bahasa yang diinginkan tanpa perlu membuka Google Translate.

Anda cukup menahan tiga jari pada layar hingga muncul tangkapan layar sebagian. Pilih teks atau gambar yang akan diterjemahkan lalu ketuk pilihan terjemahkan. Hasilnya pun akan langsung muncul pada layar ponsel.

Ultra Steady Video Shooting
Merekam video jadi lebih menyenangkan, sebab fitur ini membuat pengambilan gambar bergerak lebih stabil. Fitur juga tersedia pada aplikasi pihak ketiga yang terdapat pada ponsel diaktifkannya secara default.
OPPO ColorOS 11 (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)


Battery Guard
Kebiasaan mengisi daya di malam hari dan meninggalkannya saat tertidur bisa membuat baterai rusak. Pada ColorOs 11, fitur Battery Guard akan mempelajari kebiasaan pengisi daya pengguna. Battery Guard akan berhenti mengisi daya hingga 80 persen di malam hari dan mengisi ulang hingga 100 persen saat sudah terjadi aktivitas pada ponsel.

Cara mengaktifkan Battery Guard adalah masuk ke menu setting - baterai - pengaturan baterai lainnya, kemudian pilih optimalkan pengisian daya malam hari.

ColorOS 11 memiliki beragam kustomisasi lainnya, namun sistem ini belum tersedia pada semua seri ponsel OPPO. Untuk tahapan awal akan tersedia pada seri Find X2, Find X2 Pro dan Find X2 Pro Automobili Lamborghini Edition.

Untuk seri Reno3 4G, Reno 3 Pro 4G dan F17 Pro, ColorOs 11 mulai bisa dinikmati pada 30 September. Sedangkan Reno4 Pro 5G, OS terbaru ini baru tersedia pada bulan Oktober dan Reno4 5G serta Reno4 Pro 4G pada November.

Menyusul lainnya di bulan Desember adalah Reno4 4G, F11, F11 Pro, F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition, A9, A92, A72 dan A52. Sedangkan pada kuartal pertama 2021, ColorOS11 tersedia di Reno 10x Zoom, Reno2, Reno2 F, Reno2 Z, Reno3 Pro 5G, A91 dan F15.

Baca juga: ColorOS 11 akan tersedia secara bertahap pada ponsel OPPO

Baca juga: OPPO luncurkan ColorOS 11 secara global, inilah keunggulannya

Baca juga: ColorOS rilis versi beta Android 11 di seri Oppo Find X2


Simak menjajal kustomisasi OPPO ColorOS 11
Pewarta : Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020