Di Makassar, Balai Pustaka luncurkan aplikasi "Barugasikola"

Di Makassar, Balai Pustaka luncurkan aplikasi

Suasana peluncuran aplikasi media sosial barugasikola.com oleh Dirut PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Muh Jufri dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel Mohammad Hasan di Makassar, Jumat (25/9/2020). ANTARA/Suriani Mappong

Makassar (ANTARA) - PT Balai Pustaka meluncurkan aplikasi media sosial "Barugasikola" di Makassar, Sulawesi Selatan untuk proses belajar-mengajar secara daring tanpa dipungut biaya.

"Ini menjawab tantangan di masa pandemi COVID-19 yang mengharuskan pertemuan virtual pada pembelajaran sekolah, karena itu Balai Pustaka meluncurkan aplikasi media sosial 'Barugasikola' yang diperuntukkan bagi guru, siswa dan orang tua siswa," kata Dirut PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji di Makassar, Jumat.

Tuntutan melakukan proses belajar mengajar secara daring pada masa pandemi COVID-19, mendorong Balai Pustaka bersama inisiator (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel dan Dinas Pendidikan Sulsel) meluncurkan aplikasi medsos www.barugasikola.com.

Dia menjelaskan "Barugasikola" yang diluncurkan di Makassar itu merupakan yang perdana diluncurkan pemerintah untuk kebutuhan sektor pendidikan dan akan menjadi percontohan bagi provinsi lain.

"Ini dilucurkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan anak didik pada masa pandemi, selama ini banyak mengeluh harus bayar aplikasi dan kuota," katanya.

Baca juga: LKBN Antara-PFN-BP teken MoU integrasi klaster media BUMN

Pemilihan Makassar sebagai tempat peluncuran karena pertama kali diinisiasi dari daerah itu dan sudah siap diaplikasikan di lapangan.

Keunggulan aplikasi gratis "Barugasikola", lanjut dia, karena berisi banyak fitur yang menarik selain sebagai media pembelajaran, juga terdapat fitur ruang kreasi, pustaka, ibadah, enterpreneursip dan toko Balai Pustaka.

"Karena itu, sudah ada beberapa provinsi yang terbilang padat penduduknya siap mereplikasi di antaranya Jawa Barat dan Yogyakarta. Jadi dari timur Indonesia inilah kita mulai," katanya.

Penjabat Wali Kota Makassar Rudi Djamaluddin mengapresiasi produk aplikasi yang diluncurkan Balai Pustaka karena membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan anak-anak bersekolah daring dan dapat digunakan bagi siswa SD hingga SMA/SMK serta gratis.

"Selain itu juga mengangkat konten dan kearifan lokal yang sangat penting dalam membangun karakter anak peserta didik," katanya.

Peluncuran aplikasi medsos "Barugasikola" didukung oleh BUMN yang perwakilannya hadir menyaksikan dan terlibat langsung, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 pada agenda tatap muka di salah satu hotel di Makassar.

Baca juga: 110 penulis berkolaborasi di buku "Kemanusiaan pada Masa Corona"
Baca juga: Pojok Baca Antara resmi digunakan di SDS Pantai Indah

 
Dirut PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji disela peluncuran aplikasi medsos Barugasikola di Makassar, Jumat (25/9/2020). ANTARA Foto/ Suriani Mappong
Pewarta : Suriani Mappong
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020