Pasien COVID-19 di Jayawijaya bertambah menjadi 28 orang

Pasien COVID-19 di Jayawijaya bertambah menjadi 28 orang

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua.(ANTARA/Marius Frisson Yewun)

Wamena (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua,  bertambah hingga menjadi 28 orang per 25 September 2020.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat, mengatakan awalnya hanya ada satu orang pasien namun kemudian ia menularkan kepada 27 pasien lain.

Jumlah itu kemungkinan bertambah sebab masih dilakukan pencarian terhadap mereka yang melakukan kontak dengan pasien awal dan pasien baru.

Baca juga: Jayawijaya rawat pasien COVID dari kabupaten tetangga

"Yang kontak langsung dengan pasien awal itu kita langsung tes usap, yang kontak tidak langsung kita tes cepat, jadi itupun masih kita mencari terus karena dengan bertambahnya kasus baru, berarti kita mencari lagi kasus baru. Per hari ini 28 pasien," katanya.

Tim Pencegahan COVID-19 Jayawijaya masih terus berkoordinasi dengan pasien untuk mencari tahu siapa-siapa saja yang pernah melakukan kontak dengan mereka sebelum diketahui terjangkit virus itu.

Baca juga: Enggan karantina, satu pasien tularkan COVID-19 kepada 20 orang

"Jangan sampai ada yang pernah kontak langsung tetapi karena tidak mau mengaku akhirnya kita tidak bisa memutuskan mata rantai penyebaran ini," katanya.

Beberapa warga yang terakhir melakukan kontak dengan tiga pasien baru yang masuk ruang isolasi Kamis, (24/9) telah menjalani tes cepat dan tes usap. Tiga pasien baru itu diyakini melakukan kontak dengan banyak orang.

Baca juga: Penderita COVID-19 di Jayawijaya menjadi nol

"Tadi pagi sudah ada yang rapid, swab. Pasien baru yang kemarin tiga, itu punya kontak cukup banyak," katanya.

Jhon memastikan semua pasien yang positif sudah dikarantina. Namun orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien baru masih dicari, sehingga ia mengharapkan warga selalu mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Jayawijaya dalam perawatan tinggal 7 orang

 
Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020