Jakarta Sepekan, pamflet untuk angkot hingga perpanjangan PSBB Jakarta

Jakarta Sepekan, pamflet untuk angkot hingga perpanjangan PSBB Jakarta

Pekerja bekerja di kafe yang sementara tidak melayani makan di tempat karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, Jumat (25/9/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang masa pemberlakuan PSBB hingga 11 Oktober 2020 untuk menekan laju kasus positif COVID-19 di Jakarta. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita aktual di Ibu Kota DKI Jakarta yang menarik minat pembaca telah disiarkan  Antaranews.com sejak Sabtu (19/9) hingga Jumat (25/9)  mulai dari  pamflet untuk mengatur kapasitas angkot  menjalankan protokol kesehatan, hingga perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta jilid II.

Berikut rangkuman berbagai peristiwa di Jakarta yang disiarkan Kantor Berita Antara selama pekan keempat September 2020:

1. Segera ada pamflet pengaturan kapasitas angkot Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo merencanakan membuat pamflet atau selebaran yang ditujukan bagi para pengemudi angkutan umum, khususnya angkutan kota (angkot) terkait pengaturan kapasitas kendaraan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena masih ditemukan banyak pelanggaran aturan itu.

"Kita akan buat semacam aneka pamflet. Untuk kita bagikan kepada para supir angkutan umum tentang pembagian posisi penumpang di bagian belakang untuk angkutan kota, pengaturannya seperti apa, itu yang sesuai ketentuan," kata Sambodo saat ditemui dalam Operasi Yustisi yang digelarnya di depan Gedung Kapal Api, Tanah Abang, Senin.

Lihat berita selengkapnya di sini.

2. PHRI DKI konfirmasi 30 hotel siap tampung isolasi pasien OTG

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta mengonfirmasikan saat ini sudah ada 30 hotel yang menyatakan siap untuk menampung kebutuhan isolasi bagi orang atau pasien Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) tanpa gejala (OTG).

Ketua PHRI Jakarta Krisnadi menyebut jumlah 30 hotel ini mengalami perubahan setelah per Jumat (18/9) lalu memang baru ada 27 hotel yang mengajukan minatnya sebagai hotel penampung pasien COVID-19 dengan satatus OTG.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Pemprov DKI cairkan dana kartu lansia dan disabilitas triwulan III

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencairkan dana kesejahteraan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) untuk triwulan III 2020.

Kepala Seksi Jaminan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Ahmad Taufiq Hidayatullah mengatakan para lansia dan penyandang disabilitas penerima manfaat dana kesejahteraan ini, dapat melakukan pencairan melalui ATM Bank DKI.

Lihat berita selengkapnya di sini.

4. Delapan jalan di Jakarta tergenang air hujan

Jakarta (ANTARA) - Sedikitnya delapan ruas jalan di Jakarta tergenang air dengan ketinggian permukaan bervariasi imbas hujan deras yang mengguyur kawasan setempat, Senin malam.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Anies terbitkan Ingub 52/2020 percepatan sistem pengendalian banjir

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Instruksi Gubernur Nomor 52 Tahun 2020 tentang Percepatan Peningkatan Sistem Pengendalian Banjir di Era Perubahan Iklim.

Dalam instruksi yang ditandatangani Anies pada Selasa (15/9) tersebut mencantumkan sejumlah arahan kepada perangkat daerah mulai dari lurah, camat, wali kota, serta dinas terkait penanganan banjir dan meminta agar seluruh jajaran memastikan infrastruktur pengendalian banjir berfungsi normal.

Lihat berita selengkapnya di sini.

6. Wagub berharap perda bisa untuk tegakkan sanksi pidana

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap adanya peraturan daerah (perda) mengenai penanggulangan COVID-19 bisa untuk menegakkan sanksi pidana untuk pelanggaran protokol kesehatan.

"Hadirnya perda ini agar nanti diharapkan lebih menyeluruh bisa menaungi berbagai kebijakan yang kita ambil, termasuk masalah sanksi," kata Ariza (sapaan akrab Ahmad Riza Patria) di Jakarta, Rabu.

Baca berita selengkapnya di sini.

7. Anies perpanjang PSBB Jakarta hingga 11 Oktober 2020

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta hingga 11 Oktober 2020 mendatang.

Dalam keterangan pers diterima Antara di Jakarta, Kamis, perpanjangan selama dua pekan itu dilakukan mengingat masih terjadinya potensi kenaikan angka kasus positif virus corona (COVID-19) jika pelonggaran diberlakukan.

Lihat berita selengkapnya di sini.

8. DKI akan libatkan 26 RS swasta jadi RS rujukan COVID-19

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melibatkan 26 rumah sakit (RS) swasta menjadi rumah sakit rujukan penanggulangan Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

"Untuk saat ini akan menambah 26 rumah sakit swasta yang akan kita libatkan sebagai rumah sakit COVID-19," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Baca berita selengkapnya di sini.

9. DKI akan evaluasi kebijakan isolasi mandiri bagi OTG

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengevaluasi kebijakan prosedur isolasi mandiri bagi pasien Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) dengan kriteria orang tanpa gejala (OTG).

"Memang ini sedang terus kita perbaiki, kita evaluasi, memang harus ada tahapannya karena memang ada SOP, prosedur, yang harus dilalui karena ini kan soal kesehatan, keselamatan, tidak hanya untuk kepentingan warga yang terpapar, tapi juga bagi lingkungannya, bagi dokter, bagi perawat, bidan, semua di situ bahkan aparat keamanan bagian-bagian di situ harus kita jaga, termasuk masyarakat sehingga memang ada tahapan protokol yang harus dipenuhi," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota Jakarta, Jumat.

Lihat berita selengkapnya di sini.
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020