KPU Kalteng anggarkan Rp5 miliar untuk APK-Bahan Kampanye

KPU Kalteng anggarkan Rp5 miliar untuk APK-Bahan Kampanye

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah menganggarkan Rp5 miliar lebih untuk pengadaan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) pada pergelaran Pilkada serentak 2020.

"Sebanyak Rp4 miliar lebih untuk pengadaan APK dan Rp1,1 miliar lebih untuk pengadaan bahan kampanye," kata Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim di Palangka Raya, Sabtu.

Dia menerangkan, alat peraga kampanye dan bahan kampanye Pemilihan gubernur dan wakil gubernur tersebut nantinya akan didistribusikan ke 13 kabupaten dan satu kota di Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca juga: KPU Kalteng tetapkan nomor urut dua paslon gubernur - wakil gubernur

Baca juga: Kepala daerah peserta Pilkada diingatkan tak gunakan fasilitas negara


Komisioner KPU Kalteng Divisi Perencanaa, Data dan Informasi, Wawan Wiraatmaja menerangkan APK yang disiapkan pihaknya para Pilgub Kalteng 2020 berupa baleho, umbul-umbul dan spanduk. Sementara bahan kampanye yang disiapkan meliputi selebaran, brosur, pamflet dan poster.

Dia mengatakan, untuk Alat Peraga Kampanye KPU Kalteng akan menyiapkan lima baleho untuk satu kabupaten/kota, 20 umbul-umbul untuk setiap kecamatan dan dua spanduk untuk setiap kelurahan/desa.

Selanjutnya untuk bahan kampanye untuk masing-masing kabupaten/kota, selebaran akan dicetak 10 persen dari total kepala keluarga (KK), brosur sebanyak 10 persen dari total KK, pamflet 10 persen dari total KK dan poster sebanyak lima persen dari total KK.

"Pengadaan APK dan bahan kampanye itu nantinya akan dilakukan melalui lelang terbuka dan dilakukan berdasar azas keterbukaan. Jadi nanti anggaran yang digunakan untuk APK dan BK sesuai lelang dan bisa saja penggunaannya di bawah itu," kata Wawan.

Saat ini Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah diikuti dua pasang calon yakni nomor urut satu pasangan Ben Brahim S. Bahat-Ujang Iskandar dan nomor urut dua pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Ben-Ujang diusung tiga partai politik yakni Demokrat, Gerindra dan Hanura dengan perolehan kursi di DPRD Kalteng sebanyak 12 kursi. Pasangan ini mendaftar di KPU Kalteng di hari Sabtu (5/9) siang.

Sementara Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto-Edy diusung delapan partai politik yakni PDI Perjuangan, Golkar, Nasdem, PPP, PKB, Perindo, PKS dan PAN dengan dengan perolehan kursi di DPRD Kalteng sebanyak 33 kursi. Pasangan ini mendaftar di KPU Kalteng pada hari Minggu (6/9) malam.

Baca juga: Pilkada Kalteng diikuti dua bakal pasang calon

Baca juga: KPU tetapkan DPS Pilkada Kalteng 1.682.723 orang
Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020