Pemprov DKI keruk saluran air di Kebon Kelapa

Pemprov DKI keruk saluran air di Kebon Kelapa

Proses pengerukan saluran air di Jalan Batu Ceper Raya, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (27/9/2020). ANTARA/HO/Kominfotik Jakarta Pusat/aa.

Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka mengantisipasi genangan dan banjir memasuki musim penghujan di Ibu Kota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pengerukan saluran air di Jalan Batu Ceper Raya, Kelurahan Kebon Kelapa, Gambir, Minggu pagi.

Kegiatan pengerukan itu ditinjau langsung oleh  (Plt) Sekretaris Daerah Pemprov DKI Sri Haryati didampingi Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dan jajaran asisten lainnya dari Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Jakarta Pusat.

Baca juga: Hadapi musim hujan Sudin SDA Jakbar rutin grebek lumpur

"Saluran yang mampet, baik karena sampah plastik atau karena sedimen (endapan) lumpur yang tebal supaya segera dikeruk," ujar Sri usai melakukan peninjauan.

Khusus di wilayah Jakarta Pusat, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengatakan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat dipastikan semakin mengintensifkan pembersihan saluran air agar genangan dapat lebih diantisipasi saat hujan.

"Saat ini Sudin SDA Jakarta Pusat gencar melakukan pengurasan di delapan kecamatan guna mengurangi terjadi genangan saat musim penghujan," ujar Bayu.

Baca juga: Empat waduk di Jakarta Timur diperdalam untuk antisipasi banjir

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat Ahmad Syaiful mengatakan untuk di Jalan Batu Ceper Raya, Kebon Kelapa pihaknya akan melakukan normalisasi saluran air sepanjang 1000 meter.

Pengerjaan saluran yang baru mulai dilakukan pada pertengahan September itu saat ini sudah mencapai 100 meter dan diharapkan dapat rampung pada November 2020.

Baca juga: DKI maksimalkan pompa hingga sumur resapan untuk kendalikan banjir

"Kita normalisasi saluran di Jalan Batu Ceper Raya ini akibat saluran yang lama sudah tidak bisa menampung debit air bila hujan lebat karena sedimen lumpur di saluran sudah tinggi," ujar Syaiful.
Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020