Quartararo juara GP Catalunya untuk kembali ke puncak klasemen

Quartararo juara GP Catalunya untuk kembali ke puncak klasemen

Pebalap tim Petronas Yamaha Fabio Quartararo di Grand Prix Catalunya, Sirkuit Barcelona-Catalunya (27/9/2020). ANTARA/REUTERS/Albert Gea/pri.

Jakarta (ANTARA) - Fabio Quartararo meraih kemenangan ketiganya musim ini setelah menjuarai Grand Prix (GP) Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Minggu.

Pebalap tim Petronas Yamaha itu finis di depan duet tim Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins untuk kembali ke puncak klasemen.

Mir yang start dari P8 finis 0,928 detik dari Quartararo sebagai runner-up dan naik podium untuk keempat kalinya musim ini.

Sementara Rins yang masih memulihkan diri dari cedera, melengkapi pesta Suzuki dengan finis ketiga, setelah start dari P13, demikian laman resmi MotoGP.

Franco Morbidelli gagal memaksimalkan pole position di Catalunya dan harus puas finis P4.

Baca juga: Morbidelli, Quartararo, Rossi start terdepan di GP Catalunya
Baca juga: Valentino Rossi resmi bergabung Petronas Yamaha


Lap pembuka menyuguhkan drama ketika Andrea Dovizioso yang start dari P17 ketiban sial dan gagal mempertahankan posisinya di puncak klasemen setelah terjatuh karena ditubruk motor Johann Zarco yang jatuh terlebih dahulu di tikungan pertama.

Morbidelli menyintas lap pertama untuk memimpin lomba. Valentino Rossi sempat merangsek ke posisi kedua, namun di lap kelima Quartararo mampu merebut kembali posisinya.

Di lap ke-9, Quartararo melakukan manuver ke Morbidelli untuk mengambil alih pimpinan lomba, dengan Rossi tak jauh di belakang kedua pebalap Petronas Yamaha itu.

Morbidelli lima lap berselang mengalami masalah ban belakang ketika menuju Tikungan 1 dan melebar hingga memberi jalan ke Rossi untuk naik ke posisi kedua.

Namun, harapan Rossi untuk naik podium ke-200 kalinya di start balapan ke-350 sepanjang kariernya itu sekaligus peluang juara pupus ketika ia terjatuh di Tikungan 2 sembilan lap jelang finis. Untuk kedua kalinya secara beruntun The Doctor gagal finis setelah GP Emilia Romagna akhir pekan lalu.

Duet Suzuki menjalani start yang bagus hingga melesat ke peringkat lima besar di awal lomba.

Baca juga: Joan Mir konsisten menjadi ancaman menuju MotoGP Catalunya
Baca juga: Marquez sambangi paddock MotoGP di Catalunya


Joan Mir yang tampil konsisten di empat balapan terakhir, perlahan tapi pasti merangkak naik dari posisi start ke-8 hingga ke posisi tiga beberapa lap jelang akhir lomba, diikuti oleh rekan satu timnya, Alex Rins yang menyalip Jack Miller tanpa kendala.

Lima lap terakhir, Mir berusaha mengejar Morbidelli yang berjarak kurang dari satu detik di depannya.

Hingga dua lap terakhir, Mir melewati Morbidelli di lintasan lurus utama dan satu lap kemudian, Rins mengikuti jejak rekan satu timnya.

Mir menjadi pebalap tercepat hari itu dan mulai mengancam posisi Quartararo, namun telah kehabisan lap di pengujung lomba.

"Sangat disayangkan aku butuh satu lap lagi karena Fabio terlihat melambat," kata Mir yang optimistis bisa juara.

Mir kini naik ke peringkat dua klasemen dengan jarak delapan poin dari Quartararo yang mengumpulkan 108 poin dengan enam balapan tersisa.

Vinales di peringkat tiga dengan 90 poin sedangkan Dovizioso melorot ke peringkat empat dengan 84 poin.

Duet tim Pramac Racing, Jack Miller dan Francesco Bagnaia tak bisa berbuat banyak dan harus puas P5 dan P6 di depan pebalap LCR Honda Takaaki Nakagami yang kembali menjadi jagoan Honda ketika Marc Marquez masih absen karena cedera.

Danilo Petrucci finis P8 untuk tim pabrikan Ducati. Sementara Maverick Vinales, berkat start yang buruk, mengakhiri lomba di P9 di depan pebalap LCR Honda Cal Crutchlow.

Baca juga: Setelah dipinang Petronas Yamaha, apa ambisi Rossi untuk MotoGP 2022?
Baca juga: Satu anggota tim LCR Honda positif COVID-19
Baca juga: Rossi siap pisah dengan "keluarga" jelang pindah ke Petronas Yamaha


 
Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020