China minta importir makanan beku hindari negara wabah COVID-19 parah

China minta importir makanan beku hindari negara wabah COVID-19 parah

Ilustrasi frozen food atau makanan beku (ANTARA/Shutterstock)

Beijing (ANTARA) - Pemerintah Ibu kota China pada Senin meminta para importir agar menghindari makanan beku yang berasal dari negara dengan wabah COVID-19 parah setelah sejumlah kasus produk makanan impor terbukti positif virus corona.

"Bea Cukai dan pemerintah setempat berulang kali menemukan virus corona di makanan beku impor, membuktikan produk tersebut berisiko terkontaminasi," demikian pernyataan Biro Komersial Kota Beijing kepada perusahaan impor.

Biro mendesak importir agar mengawasi secara ketat situasi pandemi di luar negeri dan juga "proaktif" menghindari makanan rantai beku impor dari wilayah yang mengalami pandemi parah. Mereka juga diminta agar mencari rencana alternatif untuk impor.

Biro mendesak perusahaan agar meningkatkan mekanisme peringatan dan pelaporan terkait produk impor dan segera memberitahu otoritas jika produk impor terbukti positif terkena virus corona.

China melaporkan nihil kasus transmisi lokal selama lebih dari sebulan namun baru-baru ini pihaknya mendeteksi virus pada kemasan produk akuatik impor di Provinsi Jilin dan Kota Qingdao.

September ini China menghentikan sementara impor dari produsen makanan laut Brazil, Indonesia dan Rusia selama sepekan bahkan lebih dari beberapa pekan ke depan.

Sumber: Reuters
Baca juga: Virus corona pada kemasan, China tangguhkan impor makanan laut Rusia
Baca juga: China tangguhkan impor besi dan makanan laut dari Korut
Baca juga: Cegah corona, IPC dukung penghentian sementara impor makanan China
Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2020