Sulbar catatkan rekor penambahan kasus harian COVID-19 tertinggi

Sulbar catatkan rekor penambahan kasus harian COVID-19 tertinggi

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Barat Safaruddin Sanusi. (ANTARA/Amirullah)

Mamuju (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Barat mencatatkan kasus harian COVID-19 tertinggi dari sejak ditemukan kasus pertama pada pertengahan Maret 2020, yakni mencapai 156 kasus, kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulbar Safaruddin Sanusi.

"Hari ini, terjadi lonjakan kasus positif COVID-19, yakni mencapai 156 kasus. Ini merupakan rekor harian tertinggi di Sulbar sejak kasus COVID-19 merebak pada Maret 2020," kata Safaruddin, di Mamuju, Selasa.

Penambahan kasus positif COVID-19 terbanyak lanjut Safaruddin, berasal dari Kabupaten Polewali Mandar yang mencapai 155 kasus.

"Terbanyak dari Kabupaten Polewali Mandar yang mencapai penambahan 155 kasus dan satu kasus positif dari Kabupaten Mamuju," terang Safaruddin.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Sulbar bertambah 46 orang

Dari penambahan kasus tersebut, saat ini jumlah kasus positif COVID-19 di Provinsi Sulbar mencapai 773 kasus, sebanyak 418 diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 38 orang masih dirawat di sejumlah rumah sakit, 306 menjalani isolasi mandiri dan 11 orang dinyatakan meninggal.

Sementara, sebaran kasus positif COVID-19 di enam kabupaten di Provinsi Sulbar, yakni terbanyak di Kabupaten Polewali Mandar dengan 378 kasus, sebanyak 136 orang sudah dinyatakan sembuh, 25 orang dirawat di rumah sakit, 210 orang menjalani isolasi mandiri dan tujuh orang meninggal dunia.

Kemudian, di Kabupaten Mamuju tercatat 254 kasus sebanyak 157 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 12 orang dirawat di rumah sakit, 83 orang menjalani isolasi mandiri dan dua orang dinyatakan meninggal.

Di Kabupaten Majene tercatat 58 kasus COVID-19 dan 56 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh sementara dua orang masih menjalani isolasi mandiri.

Sebanyak 24 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Mamasa, satu orang masih dirawat di rumah sakit, 11 orang menjalani isolasi mandiri dan 12 orang sudah dinyatakan sembuh.

Baca juga: Sejumlah 10 kasus COVID-19 Sulbar sembuh

Sedangkan di dua kabupaten, yakni Kabupaten Mamuju Tengah dan Pasangkayu sudah tidak terjadi penambahan kasus positif COVID-19 kurun waktu sebulan terakhir.

Dari 46 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Mamuju Tengah, sebanyak 45 orang sudah dinyatakan sembuh dan satu orang dinyatakan meninggal dunia serta di Kabupaten Pasangkayu dari 13 kasus positif COVID-19 sebanyak 11 orang sudah sembuh dan satu orang dinyatakan meninggal dunia.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sulbar lanjut Safaruddin kembali menegaskan bahwa kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan menjadi hal yang paling penting untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Ia mengajak seluruh masyarakat di Sulbar agar senantiasa mentaati protokol kesehatan, dengan menerapkan pola 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

"Tentu, dengan penambahan hari ini kita sangat prihatin sebab ini merupakan rekor penambahan tertinggi di Sulbar," ujarnya.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Sulbar umumkan positif COVID
Baca juga: Kluster DPRD Sulbar bertambah 12 kasus positif COVID-19

 
Pewarta : Amirullah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020