BukaSend, layanan baru Bukalapak untuk bantu kirim barang

BukaSend, layanan baru Bukalapak untuk bantu kirim barang

Laman muka BukaSend dari Bukalapak (bukalapak.com)

Jakarta (ANTARA) - Bukalapak menghadirkan layanan BukaSend, berupa agregator kurir pengiriman barang guna membantu para pegiat UMKM.

Director of Payment, Fintech & Virtual Product Bukalapak, Victor Lesmana mengatakan, layanan itu bisa menjadi solusi bagi mereka terutama yang selama ini menggunakan media sosial untuk berjualan dan terkendala keterbatasan logistik di tengah volume permintaan yang meningkat.

"Kami merasa salah satu fitur yang kami luncurkan, BukaSend membantu mendukung pertumbuhan dari UMKM yang di Indonesia, dengan membantu mereka memecahkan masalah logistik," kata dia dalam peluncuran secara virtual BukaSend, Selasa.

Baca juga: Pemerintah dukung optimalisasi pendapatan daerah melalui digital

Baca juga: PSBB Jakarta jilid II dinilai tak ubah pola belanja daring masyarakat


Dalam kesempatan itu, pebisnis fesyen dan kuliner Hamidah Rachmayanti mengungkapkan, selain masalah logistik, pemilihan agen kurir juga menjadi pertimbagannya. Dia harus memastikan agen pilihannya sesuai jadwal pengiriman barang di tokonya dan bisa menjangkau berbagai daerah di Indonesia.

"Rata-rata di awal (masalahnya) memilih agen pengiriman barang, yang sesuai dengan timeline pengiriman barang, bisa enggak agen mencakup ke daerah karena banyak pembeli dari daerah-daerah. Lalu harus mencari agen yang lokasinya dekat karena kalau jauh ongkos kirim bisa bertambah, waktu lebih lama," ungkap dia.
Fitur BukaSend dari Bukalapak (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Mengatasi masalah itu, melalui layanan ini, BukaSend menawarkan gratis penjemputan barang ke agen atau datang ke agen, pembayaran cashless, resi otomatis, penggunaan di mana saja dan kapan saja melalui multi-platform (aplikasi, desktop, dan API), cashback sampai 35 persen dan real-time tracking.

"Seringkali harus datang ke agen, kadang agen agak jauh; lalu saat sampai di agen pengiriman harus mengantri lagi padahal dengan kondisi seperti ini tidak dianjurkan berlama-lama di ruang publik," tutur Victor.

Pelaku UMKM juga dapat memilih berbagai jenis pilihan kurir dan metode pengiriman dengan harga yang diklaim terjangkau, dan proses yang aman di dalam satu platform saja.

Untuk menggunakan layanan BukaSend, penjual tak harus berjualan di Bukalapak. Mereka bisa membuka aplikasi Bukalapak, lalu pilih opsi BukaSend di kategori lainnya.

Selanjutnya, pilih kirim paket satuan atau sekaligus, masukkan informasi alamat pengiriman, masukkan alamat penerima, masukkan detil paket, periksa kembali detil pengiriman pada halaman daftar pengiriman, lalu pilih lanjut ke pembayaran.

Berikutnya, pilih metode pembayaran yang diinginkan dan pengirim serta penerima akan mendapatkan pesan notifikasi berupa link tracking dan nomor resi.

"Kami berharap dengan adanya BukaSend dapat menjadi solusi bagi teman - teman pelaku UMKM untuk terus menjaga keberlangsungan bisnis terutama di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan ini," demikian tutur Victor.

Baca juga: Bukalapak maknai Kemerdekaan dengan mendukung produk lokal

Baca juga: Dorong digitalisasi UMKM dengan edukasi manfaat teknologi
Pewarta : Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020