Jakarta (ANTARA) - Selain pembalut atau tampon, cangkir menstruasi (menstrual cup) dapat jadi pilihan untuk dipakai ketika masa haid tiba.

Cangkir menstruasi yang terbuat dari karet dipakai dengan cara dimasukkan ke dalam vagina, apakah pilihan ini aman untuk perempuan yang menggunakan KB spiral?

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Putri Deva Karimah dari RS Pondok Indah mengatakan cangkir menstruasi bisa digunakan oleh perempuan yang sedang menggunakan KB spiral.

"Sebab, menstrual cup tidak akan mengganggu atau mengubah posisi spiral," kata Putri kepada ANTARA melalui surel, Rabu.

Baca juga: Studi: Cangkir menstruasi aman praktis dan lebih murah

Baca juga: Pasien positif COVID-19 boleh minum pil KB?


KB spiral (intrauterine device) adalah metode kontrasepsi jangka panjang berupa alat berbahan plastik berbentuk T yang diletakkan di dalam rahim.

Spiral tersebut melepaskan tembaga ke dalam rahim, yang mempersulit sperma untuk mencapai sel telur dan bertahan hidup sekaligus mencegah sel telur yang telah dibuahi untuk ditanam di dalam rahim.

Spiral, yang hanya bisa hanya bisa dipasangkan oleh dokter atau bidan, 99 persen efektif mencegah kehamilan dan dapat dibiarkan selama lima hingga 10 tahun.

Kendati demikian, jika Anda baru memasang KB spiral, sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengenai pemakaian cangkir menstruasi.

Putri menyarankan untuk menunda dulu pemakaian cangkir menstruasi setidaknya dua hingga tiga boleh agar tidak mengganggu proses adaptasi spiral pada rahim.

Baca juga: Jenis-jenis alat kontrasepsi dari hormonal hingga spiral

Baca juga: Yang perlu diketahui sebelum memilih metode kontrasepsi


Berdasarkan studi ilmiah The Lancet Public Health, cangkir menstruasi yang murah dan dapat dipakai berkali-kali itu aman, dan tidak seperti tampon atau pembalut, selain risiko bocornya lebih kecil.

Cangkir menstruasi bisa dipakai berulang kali dan bertahan selama beberapa tahun, lebih murah untuk jangka panjang dibandingkan pembalut atau tampon sekali pakai. Daya tampung yang lebih besar membuat cangkir menstruasi bisa dipakai hingga berjam-jam.

Tidak seperti pembalut yang menyerap darah, cangkir menstruasi berfungsi menampung darah haid yang tidak akan berbau karena darah tidak terpapar udara.

Kendati demikian, butuh penyesuaian dalam membiasakan cara memasukkan dan melepas cangkir menstruasi ke dalam vagina. Perlu juga mencari ukuran dan bahan yang tepat untuk setiap individu karena ada risiko alergi.

Baca juga: UNFPA: Pastikan pemuda miliki pengetahuan kontrasepsi yang benar

Baca juga: BKKBN-Bayer luncurkan edukasi kontrasepsi bagi perempuan petani

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020