Surabaya (ANTARA) - Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui unit usahanya PT Semen Padang dan PT Solusi Bangun Andalas memasok kebutuhan semen untuk pembangunan jalan Tol Trans Sumatera hingga September 2020 mencapai 1 juta ton.

Senior Vice President of Sales SIG, Rahman Kurniawan dalam siaran persnya di Surabaya, Kamis mengatakan, semen yang digunakan untuk proyek pembangunan jalan Tol Trans Sumatera dipasok dari fasilitas SIG yang terdekat dari area pembangunan.

Jalan tol yang dibangun menggunakan produk SIG di antaranya ruas Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 112 km, Kisaran-Tebing Tinggi, seksi 6 Padang-Pekanbaru, Pekanbaru-Bangkinang, Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,48 km, serta Sigli-Banda Aceh sepanjang 74,2 km.

"Untuk jalan tol Pekanbaru-Dumai telah diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo pada 25 September 2020," kata Rahman.

Baca juga: Semen Indonesia bukukan laba bersih Rp2,392 triliun tahun 2019

Ia menjelaskan, SIG memiliki dua fasilitas produksi di sekitar pengerjaan tol, yakni PT Solusi Bangun Andalas di Aceh, serta PT Semen Padang di Sumatera Barat. SIG juga memiliki fasilitas packing plant dan pelabuhan yang tersebar di seluruh Pulau Sumatera.

Lebih lanjut, Rahman menjelaskan keberadaan pabrik semen, packing plant dan pelabuhan tersebut sangat membantu dalam kecepatan pengiriman serta ketersediaan pasokan, sehingga pembangunan jalan tol Trans Sumatera ini tidak terhambat.

"Misalnya jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh yang dikerjakan oleh PT Adhi Karya, kebutuhan semen dikirim dari PT Solusi Bangun Andalas dan PT Semen Padang melalui packing plant Malahayati, Aceh. Untuk ruas seksi 6, Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40km, SIG bekerjasama dengan PT Wijaya Karya Beton, PT Brantas Abipraya, dan PT Hakaaston, kebutuhan semen dipasok dari PT Semen Padang," kata Rahman, menjelaskan.

Ia bersyukur produk SIG mendapat kepercayaan untuk pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN), dan akan terus melakukan penjajakan kerja sama dengan berbagai perusahaan karya agar terus terlibat dalam pembangunan PSN lainnya.

Baca juga: UMKM binaan Semen Indonesia gencar berinovasi hadapi dampak pandemi
 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020