Jakarta (ANTARA) -
Langkah Aston Villa terhenti di babak 16 besar Piala Liga Inggris setelah disingkirkan oleh tim kasta kedua Stoke City dengan kekalahan 0-1 di kandang sendiri di Stadion Villa Park, Birmingham, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Tertinggal akibat gol Sam Vokes pada menit ke-26, Villa gagal mencetak gol balasan setelah tidak mampu menduplikasi penampilan apik mereka di Liga Premier Inggris sejauh ini.

Akibatnya, Villa mengalami nasib serupa Fulham yang beberapa jam sebelumnya juga tersingkir dari Piala Liga di tangan tim kasta kedua, Brentford, demikian catatan laman resmi EFL.

Baca juga: Aston Villa pinjam Ross Barkley dari Chelsea

Villa, yang musim lalu tampil di partai final dan dikalahkan Manchester City, menurunkan banyak pemain pelapis di pertandingan kali ini sebagai persiapan menjaga kebugaran jelang menghadapi Liverpool di Liga Premier akhir pekan nanti.

Pun demikian, Villa mengancam lebih dulu lewat dua peluang dari Jacob Ramsey, satu sundulannya masih bisa diamankan kiper Adam Davies sedangkan tendangan jarak jauhnya masih terhalau barisan pertahanan Stoke.

Stoke balik mengancam lewat umpan silang Jacob Brown yang berusaha diselesaikan Nick Powell, tetapi hanya menghasilkan sepak pojok pada menit ke-25.

Sepak pojok itu berhasil dikonversi oleh Vokes yang menanduk umpan silang Jordan Thompson untuk mengoyak gawang Villa dan membawa Stoke memimpin.

Enam menit sesudahnya Vokes hampir mencetak gol sundulan lagi, tetapi kali ini kiper Jed Steer sigap mengamankan gawang Villa.

Baca juga: Fulham didepak Brentford dari Piala Liga

Skor 1-0 untuk Stoke tidak berubah hingga turun minum dan Villa memasuki babak kedua dengan nafsu untuk membalas tetapi tembakan Anwar El Ghazi dan Bertrand Traore masih tak juga mampu menembus pertahanan tamunya.

El Ghazi berkali-kali menciptakan peluang, tetapi bola-bola tembakan dan sundulannya tak kunjung bersarang ke gawang Stoke yang berhasil menjaga keunggulan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Kemenangan itu membuat Villa jadi tim ketujuh yang lolos ke perempat final Piala Liga setelah Tottenham Hotspur, Newcastle United, Manchester City, Everton, Manchester United dan Brentford.

Undian perempat final bakal dilangsungkan setelah pertandingan Liverpool kontra Arsenal yang dimainkan lebih larut.

Baca juga: Everton, Manchester United lanjut ke perempat final Piala Liga
Baca juga: Manchester City mulus lewati Burnley ke perempat final Piala Liga


Susunan pemain:

Aston Villa (4-3-3): Jed Steer; Frederic Guilbert, Ahmed Elmohamady, Kortney Hause (Ezri Konsa), Neil Taylor; Henri Lansbury, Marvelous Nakamba, Jacob Ramsey (Ollie Watkins); Bertrand Traore (Jota), Keinan Davis, Anwar El Ghazi
Pelatih: Dean Smith

Stoke City (3-4-1-2): Adam Davies; Nathan Collins, Harry Souttar, Bruno Martins Indi; Jordan Thompson, John Mikel Obi, Josh Tymon, Jacob Brown; Nick Powell (Tashan Oakley-Boothe); Sam Vokes (Steven Fletcher), Tyrese Campbell (Thomas Smith)
Pelatih: Michael O'Neill

Baca juga: Gol telat dan adu penalti selamatkan wajah Newcastle di Piala Liga
Baca juga: Tottenham singkirkan Chelsea dari Piala Liga lewat adu penalti

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020