Hal seperti ini belum ada di Indonesia sehingga akan dijadikan pilot project untuk di replikasikan di daerah lain seperti Bitung dan Kariango.
Makassar (ANTARA) - Proyek pengembangan Pelabuhan Makassar yakni Makassar New Port (MNP) siap mengembangkan jalan tol yang terakses dengan fasilitas kereta api dan akan menjadi proyek percontohan di Indonesia.

"Pemerintah berharap jalan tol yang menjadi akses masuk ke MNP akan menjadi 'pilot project' di Indonesia, di mana antara fisik dan transaksinya dijadikan satu sistem," kata Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Prakosa Hadi Takariyanto di Makassar, Kamis.

Akses jalan tol ini sudah direncanakan sejak Januari 2018, lanjut dia, lalu Dirjen Bina Marga pada saat itu telah berkirim surat kepada Pelindo IV. Di dalam surat itu sangat jelas pembagian tugasnya yakni Pelindo IV yang menyiapkan lahan kemudian Ditjen Bina Marga akan membangun jalan tolnya.

Berkaitan dengan hal tersebut pihaknya juga tengah melakukan komunikasi yang sangat intensif dengan Kepala BPJT terkait jalan tol sebagai akses masuk MNP.

“Bulan September lalu saya bersama Dirut Pelindo IV, Bapak Prasetyadi ke BPJT. Dan ternyata Kementerian PUPR juga akan membuat suatu sistem bagaimana membuat suatu interkonektivitas antara moda darat dan laut," katanya.

Dia mengatakan kelak tol itu akan jadi pilot project, terkait integrasi jalan dengan pelabuhan, bukan hanya fisik tetapi transaksinya nanti dibuat jadi satu. Jadi pengguna jalan tol masuk pelabuhan itu hanya sekali tap kartu tol dan kemudian pengguna pelabuhan yang masuk jalan tol juga akan menjadi satu tap.

Hal itu, kata Prakosa, sudah pernah dijelaskan Kepala BPJT bahwa hal seperti ini belum ada di Indonesia sehingga akan dijadikan pilot project. Selanjutnya akan diaplikasikan juga di tempat yang lain seperti tol menuju Pelabuhan Bitung dan Kariango di Kaltim.

Sementara itu, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur mengatakan untuk pembangunan proyek kereta api trans Makassar-Parepare kelak akan menghubungkan kota niaga Parepare dengan kawasan tol MNP di Makassar.

"Sesuai perencanaan, proyek kereta api ini dari Parepare sepanjang 142 kilometer ke Makassar akan sampai di Makassar New Port," kat yang IV Makassar.
 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020