Jumlah warga yang terkonfirmasi positif di Lumajang mengalami peningkatan signifikan sejak 29 September 2020, sehingga hal itu menyebabkan Kabupaten Lumajang masuk ke dalam daftar zona merah peta sebaran COVID-19 di Jatim
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Kabupaten Lumajang masuk zona merah atau berisiko tinggi COVID-19 di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah pasien terkonfirmasi positif mencapai 519 orang dengan rincian yang dirawat sebanyak 149 orang, sembuh 328 orang, dan meninggal 42 orang hingga Kamis (1/10) malam.

"Kami sudah melakukan beberapa langkah untuk pencegahan penyebaran COVID-19 sejak awal," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Lumajang.

Saat memasuki zona kuning hingga zona orange, lanjut dia, Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 telah melakukan upaya agar tidak ada penambahan angka konfirmasi positif.

"Namun, kenyataannya beberapa klaster baru COVID-19 telah berkembang hingga muncul klaster keluarga di Lumajang," katanya.

Bupati Lumajang juga sudah memimpin rapat evaluasi penanganan COVID-19 yang diikuti oleh forkopimda, direktur rumah sakit, dan jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Lumajang, serta beberapa instansi terkait.

"Jumlah warga yang terkonfirmasi positif di Lumajang mengalami peningkatan signifikan sejak 29 September 2020, sehingga hal itu menyebabkan Kabupaten Lumajang masuk ke dalam daftar zona merah peta sebaran COVID-19 di Jatim," katanya.

Ia menjelaskan zona merah itu menghentakkan semua pihak dalam penanganan pencegahan COVID-19, terutama beberapa klaster baru yang kurang diidentifikasi dari awal, sehingga Satgas harus melakukan pelacakan yang terkonfirmasi untuk mengantisipasi penyebarannya.

"Kami telah melakukan langkah-langkah optimal yang itu juga berkoordinasi dengan Forkompinda Lumajang secara intens untuk melakukan pemetaan risiko penyebaran COVID-19," katanya.

Selama bulan September 2020, kata  Thoriqul Haq, tercatat ada penambahan pasien terkonfirmasi positif hampir 300 orang, sehingga terjadi peningkatan signifikan dan perubahan status zona dan sebagian besar penambahan tersebut berasal dari klaster tenaga kesehatan.

Sementara Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa mengatakan pandemi COVID-19 bukan masalah satu sektor, namun semua sektor terkait.

"Jajaran TNI-Polri bersama Pemkab Kabupaten Lumajang terus menjalin komunikasi dan berkoordinasi dalam melaksanakan upaya pencegahan COVID-19," katanya.

Kapolres juga menyoroti perubahan Kabupaten Lumajang yang masuk dalam Zona Merah. Perubahan tersebut disebabkan peningkatan yang siginifikan dari Kecamatan Lumajang, Jatiroto, Kunir, Pasirian, Sukodno dan Tekung.

Ia berharap dari hasil evaluasi yang dilakukan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lumajang akan membuahkan hasil dengan turun ke zona minim risiko penyebaran virus corona jenis baru penyebab COVID-19.

Baca juga: Lumajang urutan kedelapan kasus terbanyak COVID-19 di Jatim

Baca juga: Bupati: ASN Pemkab Lumajang positif COVID-19

Baca juga: Pasien positif Corona Lumajang terus bertambah hingga di 10 kecamatan

Baca juga: Pemkab Lumajang miliki tiga TCM untuk pemeriksaan swab COVID-19

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020