Jakarta (ANTARA) - Microsoft memperkenalkan Surface Laptop Go baru dengan harga yang lebih terjangkau untuk sebuah perangkat perusahaan yang lebih premium.

Dikutip dari The Verge, Jumat, Surface Laptop Go menjadi salah satu perangkat Microsoft paling murah, dengan harga 549 dolar AS atau sekitar Rp8,2 juta, setelah Surface Go 2 dengan harga 399 dolar AS (sekitar Rp6 juta).

Surface Laptop Go, seperti namanya, merupakan Surface yang sama dengan sebelumnya, namun lebih kecil dan ringan, di mana Microsoft menggunakan layar 12,4 inci yang lebih kecil daripada layar 13,5 inci yang diusung Surface Laptop 3.

Bingkai yang lebih kecil menjadikan Surface Laptop Go sebagai laptop Surface paling ringan, dengan berat hanya sekitar 1,1kg, lebih ringan dari MacBook Air milik Apple atau Chromebook pada titik harga ini.

Baca juga: Microsoft 365 setop Internet Explorer mulai tahun depan

Baca juga: Microsoft khawatir blokir game Fortnite rugikan bisnis

 
Microsoft hadirkan Surface Laptop Go harga lebih terjangkau (microsoft.com)


Tidak seperti tablet Surface Go, Microsoft menanamkan "prosesor asli" di dalam Laptop Go, dengan memilih Intel Core i5 Generasi ke-10 (1035G1), dibanding prosesor Intel Pentium Gold yang ditemukan pada Surface Go.

Sayangnya, model dasar Surface Laptop Go hanya menyertakan RAM 4 GB dan penyimpanan eMMC 64 GB.

Sementara, Acer Aspire 3 dengan prosesor yang sama memiliki RAM 8 GB dan penyimpanan SSD 512 GB, serta layar 1080p 15 inci dengan harga sama 549 dolar AS.

Namun, Microsoft menghadirkan varian lebih tinggi, model Surface Laptop Go dengan RAM 8GB dan penyimpanan SSD 128GB dengan harga 699 dolar AS atau sekitar Rp10,4 juta.

Microsoft menggunakan satu USB-C dan satu port USB-A biasa di Surface Laptop Go, di samping jack headphone dan port pengisian Surface Connect. Di bagian depan terdapat webcam 720p, tetapi tidak mendukung pengenalan wajah melalui Windows Hello.

Sebagai gantinya, Microsoft telah mengintegrasikan pemindai sidik jari di tombol daya pada beberapa model Surface Laptop Go. Namun, model dengan harga 549 dolar AS tidak menyertakan teknologi tersebut.

Microsoft Surface Laptop Go juga mendukung Wi-Fi 6 dan fast charging untuk mengisi daya baterai yang diklaim mampu mencapai 80 persen hanya dalam satu jam.

Microsoft menawarkan tiga varian warna pada Surface Laptop Go, yaitu biru, stanstone dan platinum.

Baca juga: Layanan Microsoft Outlook "down"

Baca juga: Microsoft akan luncurkan laptop Surface terbaru

Baca juga: Microsoft gagal akusisi TikTok

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020