ASN yang pernah melakukan kontak dengan yang bersangkutan harus menjalani tes usap
Palu (ANTARA) - Puluhan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menjalani tes usap (swab) COVID-19 di ruang rapat Polibu Kantor Gubernur Sulteng di Kota Palu, Jumat, menyusul Asisten II Bidang Administrasi, Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sulteng Bunga Elim Somba terkonfirmasi positif COVID-19 pada Kamis (1/10).

"ASN yang pernah melakukan kontak dengan yang bersangkutan harus menjalani tes usap," kata Gubernur Sulteng Longki Djanggola di sela-sela meninjau pengambilan sampel usap puluhan ASN di ruang rapat Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Palu, Jumat.

Gerak cepat tersebut dilakukan gubernur untuk mengantisipasi penularan dan penyebaran COVID-19 antar ASN yang pernah melakukan kontak dengan Bunga Elim Somba.

Ia tidak ingin Kantor Gubernur Sulteng menjadi kluster penularan dan penyebaran COVID-19.

"Hasil pemeriksaan sampel usap mereka paling lambat keluar besok. Jika ada yang terkonfirmasi positif COVID-19 akan langsung kami isolasi. Bukan diisolasi di rumah," katanya.

Ia menyatakan rumah sakit darurat khusus mengisolasi pasien COVID-19 di gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulteng di Palu sudah siap menampung bilamana ada ASN Kantor Gubernur Sulteng yang positif COVID-19.

Meski demikian diharapkan tidak ada ASN Kantor Gubernur Sulteng yang pernah melakukan kontak dengan Bunga Elim Somba terpapar COVID-19, demikian Longki Djanggola ​​​​​​.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Sulteng bertambah 30 orang dan 20 orang sembuh

Baca juga: Hadir pesta pernikahan, ASN Pemkab Morowali positif COVID-19 meninggal

Baca juga: Ada tambahan lima orang, positif COVID-19 di Sulteng naik 257 kasus

Baca juga: Langgar PSBB, 37 ASN di Kabupaten Buol dijatuhi hukuman disiplin


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020