Jajaran Kogabwilhan III ajak warga bersatu majukan Papua

Jajaran Kogabwilhan III ajak warga bersatu majukan Papua

Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo. ANTARA/Evarianus Supar/am.

Timika (ANTARA) - Jajaran Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III mengajak semua komponen masyarakat di Tanah Papua untuk bersatu guna memajukan wilayah itu, agar rakyat setempat benar-benar dapat menikmati keadilan sosial.

Ajakan itu disampaikan oleh Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo mewakili Panglima Kogabwilhan III di sela upacara peringatan HUT ke-75 TNI yang berlangsung secara virtual bertempat di Markas Komando Brigade Infantri 20 Ima Jaya Keramo Timika/3/Kostrad, Senin.

"Kita semua sebagai sesama anak bangsa harus bersatu padu untuk memajukan Papua. Kalau Papua maju, maka tentu keadilan sosial bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Papua," kata Brigjen Suswatyo.

Keberadaan Kogabwilhan III dengan markas komandonya sedang dibangun di Timika, maka ke depan kekuatan TNI dari tiga matra didukung oleh institusi lainnya di wilayah itu akan jauh lebih solid.
Baca juga: Bersih lingkungan pasar di Paniai-Papua digelar TNI sambut HUT ke-75
Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo memberikan tumpeng kepada Komandan Pangkalan TNI AU Yohanis Kapiyau Timika Letkol Penerbang Anggit Budi Wibowo bertepatan dengan peringatan HUT ke-75 TNI. ANTARA/Evarianus Supar/am.

Saat ini, katanya, ada banyak satuan tugas yang tergelar di Papua, baik itu Satgas Nemangkawi yang bertugas untuk melakukan penegakan hukum terhadap kelompok separatis bersenjata, Satgas Pengamanan Perbatasan, Satgas Badan Intelijen Negara (BIN), dan lainnya.

"Tentu ke depan kita semua semakin bersinergi, karena semua satgas yang sedang melaksanakan penugasan di Papua akan di bawah kendali Kogabwilhan III," ujar Brigjen Suswatyo.

Pada sisi lain, katanya, diharapkan ke depan berbagai macam gangguan keamanan yang selama ini kerap kali terjadi di berbagai wilayah Papua, terutama yang dipicu oleh kelompok separatis bersenjata bisa semakin diminimalisasi.

"Memang perlu waktu dan metode untuk bisa meminimalisasi berbagai potensi gangguan keamanan itu, sehingga jangan sampai jatuh banyak korban, apakah itu dari masyarakat maupun petugas itu sendiri," ujarnya.

Brigjen Suswatyo secara khusus mengapresiasi dukungan dan kerja sama dari semua komponen untuk bersama-sama dengan jajaran TNI membangun wilayah Papua selama ini demi tegaknya kedaulatan NKRI.

"Mari kita bahu-membahu dan bersinergi menjaga kedaulatan NKRI dan melindungi seluruh tumpah darah Indonesia, tidak terkecuali di wilayah Papua," ujar Brigjen Suswatyo.

Upacara HUT ke-75 TNI di wilayah Timika dipusatkan di Markas Komando Brigade Infanteri 20 Ima Jaya Keramo Timika/3/Kostrad, Jalan Poros Timika-Mapurujaya dilakukan secara virtual mengikuti perayaan HUT ke-75 TNI di Jakarta.

Selain Asops Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Suswatyo, upacara HUT ke-75 TNI tersebut juga dihadiri oleh Brigjen TNI Dandang Kurniawan selaku Aster Kogabwilhan III, Brigjen TNI Stevanus Mahury selaku Komandan Satgas Pengamanan Obvitnas, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob, dan seluruh komandan satuan TNI dan Polri di wilayah Timika.

Untuk memeriahkan perayaan HUT ke-75 TNI, keluarga besar Polres Mimika membawakan kado tumpeng raksasa berukuran 2x1,5 meter.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata mengatakan tumpeng raksasa itu sengaja dibuat sebagai kado terindah HUT TNI sebagai wujud sinergitas yang sangat baik antara jajaran TNI dan Polri di wilayah Kabupaten Mimika selama ini.
Baca juga: Pangdam Kasuari: TNI-Polri wajib jadi contoh protokol kesehatan
 
Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020