Mataram (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia "Gau Mabaji" menyalurkan bantuan paket kebutuhan pokok bagi warga lanjut usia korban kebakaran di Desa Sigar Penjalin, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Bantuan kebutuhan pokok tersebut diserahkan oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lombok Utara, H Sarifudin, bersama Kepala Balai Lansia "Gau Mabaji" Syam Wuryani, di Dusun Lendang Galuh, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Senin.

Bantuan yang diberikan berupa paket kebutuhan pokok yang berisi beras, minyak goreng, ikan kaleng, susu kental manis, mie instan dan gula pasir.

Plt Bupati Lombok Utara, Sarifudin, menyampaikan terima kasih kepada Kemensos yang telah memperhatikan warga lanjut usia (lansia) korban kebakaran rumah, dengan cara memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar.

Baca juga: Dinas Sosial Lombok Utara salurkan bantuan untuk korban kebakaran

Baca juga: Puluhan rumah dan satu masjid terbakar di Lombok Utara


"Saya mewakili lansia korban kebakaran menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Sosial melalui Balai Lansia "Gau Mabaji" di Gowa yang telah memberikan bantuan dalam masa tanggap darurat bencana kebakaran ini," katanya.

Kepala Balai Lansia "Gau Mabaji" Syam Wuryani, mengatakan dalam pemberian pelayanan rehabilitasi sosial lanjut usia korban kebakaran tersebut harus dikaitkan dengan sistem sumber terdekat.

Salah satunya melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) sebagai pemberi layanan berbasis komunitas dalam implementasi program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia "Gau Mabaji" di Gowa yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, mengirimkan tim respon kasus dalam memberikan perlindungan terhadap lanjut usia korban bencana kebakaran.

Tim Balai Lansia "Gau Mabaji" di Gowa yang sedang melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi penyaluran bantuan sosial program Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia di Kabupaten Lombok Tengah, menyempatkan diri ke lokasi kebakaran.

"Melalui hasil pendataan dan koordinasi tim respon kasus yang selanjutnya dilakukan pembahasan kasus di lokasi kebakaran, tim Balai Lansia 'Gau Mabaji' di Gowa, membantu memberikan bantuan kebutuhan dasar bagi warga lansia," katanya.

Musibah kebakaran terjadi di Dusun Kendang Galuh, Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara pada Sabtu (3/10/2020) malam. Dugaan sementara kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik di salah satu rumah warga yang pemiliknya sedang tidak berada di tempat.

Kejadian tersebut menyebabkan hangusnya 20 unit rumah penduduk serta satu mushola. Selain itu, sedikitnya 101 kepala keluarga yang terdiri dari 270 jiwa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Dari korban kebakaran diketahui terdapat juga kelompok rentan yaitu 15 orang lanjut usia, 45 bayi serta 35 anak.*

Baca juga: Bupati Lombok Utara instruksikan Kades cegah pembakaran lahan

Baca juga: Damkar masih lakukan pemadaman api di Bukit Pandanan Lombok Utara

Pewarta: Awaludin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020