Kami mengerahkan dua dokter dan lima tenaga medis
Ambon (ANTARA) - Lembaga kemanusian Aksi Cepat Tanggap dan Relawan Masyarakat Relawan Indonesia  (MRI) Cabang Maluku membuka posko pelayanan kesehatan gratis untuk warga yang terkena musibah banjir di Kelurahan Batu Merah, Kota Ambon.

"Posko pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan wujud kepedulian dari ACT dan MRI Maluku kepada korban banjir, dan akan ada selama satu minggu ke depan," kata M. Syamsudin Mahu dari ACT Maluku di Ambon, Senin.

Hujan lebat yang mengguyur Kota Ambon pada Minggu (4/10) pagi hingga malam telah menimbulkan banjir dan tanah longsor di beberapa titik ibu kota Maluku itu.

Posko ini untuk membantu para korban banjir, khususnya menyangkut kesehatan mereka.

"Kami mengerahkan dua dokter dan lima tenaga medis," kata Syamsudin.

Dia menjelaskan pada hari pertama pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk 125 warga di kawasan Batu Merah Dalam. Rata-rata warga terkena penyakit gatal-gatal.

"Hari ini untuk mencari tahu penyakit apa yg paling sering diderita masyarakat. Ke depannya kita akan berusaha lebih maksimal untuk melayani masyarakat yang terdampak musibah banjir ini," katanya.

Dokter Widya yang bertugas di posko itu mengakui kekurangan beberapa obat, seperti salep jamur dan antibiotik.

Yanti, warga yang melakukan pemeriksaan kesehatan, mengapresiasi aksi sosial ACT-MRI Maluku itu.

“ Terima kasih Tim ACT-MRI, yang telah peduli dengan kami para korban banjir, semoga posko ini dapat bermanfaat untuk kita semua," katanya.

Baca juga: ACT Maluku sumbang puluhan APD untuk tenaga medis RSUD Haulussy Ambon
Baca juga: ACT Maluku aktivasi Lumbung Sedekah Pangan Batumerah

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020