Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah La Nyalla Mattalitti mengajak para pemangku kepentingan untuk memajukan Pulau Sumatera dan Indonesia melalui pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Pulau Sumatera yang begitu kaya harus bisa menyejahterakan warganya. Dan dengan pendekatan IPTEK, dengan kepoloporan dari Institut Teknologi Sumatera
(ITERA), saya yakin Pulau Sumatera akan semakin maju dengan warga yang tambah sejahtera," kata La Nyalla saat memberi sambutan pada Dies Natalis ITERA secara virtual yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Ketua DPD RI meyakini pendekatan teknologi yang dipadukan dengan kekayaan dan kearifan lokal dapat mempercepat pembangunan Indonesia.

La Nyalla menyatakan bangga dengan keberadaan ITERA yang semakin memperkaya upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM di Pulau Sumatera.

"ITERA melengkapi Institut Teknologi yang ada di Indonesia, di antaranya Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi 10 November Surabaya dan Institut Teknologi Kalimantan. Semuanya berpadu mewujudkan SDM Indonesia yang unggul, berdaya saing dan menguasai IPTEK," kata dia.

Baca juga: Itera jadi anggota Liga Kampus Kota Pelabuhan Dunia

Senator asal Jawa Timur itu mengutip pernyataan Presiden Soekarno ketika membuka Kongres Ilmu Pengetahuan Indonesia yang pertama di Malang, Tahun 1958.

Baca juga: Itera mampu ciptakan generasi unggul berdaya saing

"Bangsa ini hanya akan maju dan sejahtera jika pembangunannya dilandaskan pada ilmu pengetahuan dan teknologi," kata La Nyalla, mengutip Soekarno.

Baca juga: Presiden Jokowi tambah sarana di Itera

"Artinya apa? Artinya kita harus menjadikan IPTEK sebagai alat, sekaligus sarana pendorong kemajuan perekonomian kita. Bukan kita sibuk membangun teknologi, tetapi lupa tujuan kehadiran teknologi itu di tengah bangsa ini. Teknologi harus menjadi jalan keluar, karena itu teknologi harus membumi," katanya.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020