Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyatakan penanganan pandemi COVID-19 di 10 provinsi prioritas menunjukkan perbaikan, karena menurunnya jumlah kasus baru yang terinfeksi dan rendahnya angka kematian, serta meningkatnya persentase kesembuhan.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam jumpa pers daring dari Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa, menjelaskan 6 dari 10 provinsi prioritas mengalami penurunan secara signifikan jumlah kasus baru positif COVID-19 pada pekan ini jika dibandingkan pekan lalu.

Baca juga: Evaluasi 9 provinsi prioritas, jumlah kasus aktif COVID-19 meningkat

Baca juga: Wiku ungkap pertimbangan Presiden pilih 9 provinsi prioritas COVID-19


“Keenam provinsi itu adalah Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan," ucapnya.

Penurunan kasus COVID-19 mingguan terjadi paling drastis di Sulawesi Selatan, yakni 30,1 persen dan Jawa Barat 28,5 persen jika dibandingkan pekan sebelumnya.

Kesepuluh provinsi yang menjadi prioritas pemerintah dalam penanganan COVID-19 adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, Papua, Bali, dan Banten.

Jika dilihat dari jumlah kasus meninggal per pekan ini, ujar Wiku, 4 dari 10 provinsi mengalami penurunan juga cukup signifkan, yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Bali. Penurunan pertambahan mingguan jumlah kematian paling signifikan terjadi di DKI Jakarta, yakni sebesar 62,4 persen.

Sedangkan dari persentase kesembuhan pasien COVID-19 di provinsi prioritas, tujuh provinsi memiliki angka persentase kesembuhan di atas 70 persen. Tingkat kesembuhan tertinggi terjadi di Jawa Timur dengan persentase 88,53 persen.

Wiku meminta agar provinsi lain juga meningkatkan persentase angka kesembuhan dan menurunkan tingkat penularan COVID-19 serta kematian pasien COVID-19. Beberapa upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan jumlah pemeriksaan mingguan, meningkatkan kapasitas pelacakan dan meningkatkan kualitas perawatan pasien COVID-19.

Selain itu, masyarakat juga harus disiplin dalam menjalankan prinsip 3M, yakni mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Baca juga: Presiden minta Komite COVID-19 beri perhatian prioritas 8 provinsi

Baca juga: Satgas COVID-19: Prioritas penanganan di delapan provinsi


“Kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan adalah modal kita bersama untuk betul-betul dapat menekan angka penularan. Kita bisa karena sudah ditunjukkan oleh beberapa provinsi dengan prestasi yang sangat meyakinkan," paparnya.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020