Kasad pimpin upacara Prasetya Perwira AD 2020

Kasad pimpin upacara Prasetya Perwira AD 2020

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa saat memimpin Upacara Prasetya Perwira TNI Angkatan Darat Tahun Angkatan 2020 di lapangan Secapa AD Bandung. ANTARA/HO-tangkapan layar Youtube TNI AD

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin Upacara Prasetya Perwira TNI Angkatan Darat Tahun Angkatan 2020 di lapangan Secapa AD Bandung.

"Jadilah perwira yang profesional, disiplin, tangguh, dan militan yang dapat diandalkan nantinya sebagai penjuru-penjuru terdepan di satuannya masing-masing," kata Kasad, dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Selasa.

Hadir jajaran pejabat TNI AD serta para Ketua Persit Kartika Chandra Kirana dan sanak keluarga prajurit, baik yang hadir secara langsung maupun virtual, di satuan induk masing-masing.

Baca juga: Dinas Kesehatan: Sekitar 200 siswa Secapa AD Bandung terpapar COVID-19

Dalam upacara tersebut, Kasad selaku inspektur upacara memimpin sumpah perwira yang diikuti oleh seluruh prajurit AD yang akan dilantik.

Setelah pengucapan sumpah, penandatanganan berita acara sumpah perwira untuk menandakan bahwa mereka telah resmi menyandang pangkat letnan dua (letda).

Usai upacara, Kasad bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Hetty Andika Perkasa menyapa para tamu undangan yang telah datang, dan juga keluarga para prajurit yang menyaksikan secara virtual di satuannya masing-masing.

"Yang di seluruh Indonesia di Makodam, Makodim, kemudian di Makorem, semua bisa lihat, ya, gimana, baru saja mereka dilantik menjadi perwira. Jadi, mereka pangkatnya letnan dua," ujar Kasad.

Hetty Andika Perkasa juga mengucapkan kepada ibu-ibu Persit KCK yang suaminya sudah berhasil naik pangkat.

"Selamat, ya, ibu-ibu di seluruh Indonesia yang baru saja suaminya dilantik menjadi letnan dua," kata Ibu Hetty.

Selain itu, Kasad juga memberikan hadiah berupa bebas memilih tempat untuk bertugas di satuan mana pun kepada beberapa prajurit yang baru saja dilantik yang dipilih secara acak.

Baca juga: Anggota DPR minta kasus COVID-19 di Secapa AD Bandung ditangani serius

Salah satu yang beruntung ialah Letda Deny Adriani, yang kebetulan sudah hampir 18 tahun berdinas di Bintuni, Provinsi Papua Barat.

Pada acara itu Deny juga diberikan kesempatan untuk menyapa sang istri yang menyaksikan secara virtual. Pada momentum itulah Kasad menanyakan kepada sang istri dari Letda Deny.

"Ibu Deny ini pertanyaan dari saya, khusus Ibu Deny karena sendirian ini di Bintuni, kepingin dinas di mana setelah selesai Sarcab nanti," tanya Kasad.

Istri dari Letnan Dua Deny Andriani pun menjawab pertanyan Kasad, "Izin Bapak mau pindah ke Kalimantan Barat, kalau boleh tepatnya di Pontianak," jawab istri dari Deny.

Setelah mendengar jawaban tersebut, Kasad langsung memberikan arahan kepada Aspers Kasad.

"Aspers catat, khusus Deny dari Bintuni penugasan nanti pindah ke Kodam XII Tanjungpura ke Pontianak. Hadiah dari saya," kata Kasad.

Baca juga: Kasad sebut semua pasien positif COVID-19 di Secapa AD sembuh
Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020