9.300 warga miskin di Aceh Tenggara mulai terima rastra dari Kemensos

9.300 warga miskin di Aceh Tenggara mulai terima rastra dari Kemensos

Penyaluran beras sejahtera (rastra) oleh Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Kutacane bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, di Kutacane, Selasa (6/10/2020). (ANTARA/HO)

Meulaboh (ANTARA) - Sebanyak 9.300 warga miskin penerima bantuan program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh, sejak Selasa mulai menerima penyaluran bantuan beras keluarga sejahtera (rastra) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, yang disalurkan oleh Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Hari ini kita mulai menyalurkan beras kepada masyarakat Aceh Tenggara sebanyak 418.500 kilogram,” kata Kepala Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional Kutacane, Pengadilan Lubis, Selasa malam dihubungi dari Meulaboh, Aceh Barat.

Baca juga: Bulog mulai salurkan 137,8 ton rastra untuk 4.596 KK di Aceh Jaya

Ia menjelaskan, bantuan beras sebanyak 418.500 Kilogram yang disalurkan oleh Bulog tersebut untuk jatah penyaluran tiga bulan sekaligus yakni Agustus, September dan Oktober 2020.

Ada pun jumlah alokasi beras per bulan yang harus diterima oleh masyarakat, kata dia, sebanyak 139.500 kilogram beras atau 15 kilogram per keluarga penerima manfaat (KPM).

“Jadi kita salurkan sekaligus selama tiga bulan, per kepala keluarga mendapatkan beras sebanyak 45 kilogram, karena per bulan jatahnya 15 kilogram per KPM,” kata Pengadilan Lubis menambahkan.

Baca juga: Dirut Bulog: Rastra tetap berjalan untuk penyerapan padi

Ia menuturkan, terlambatnya penyaluran beras kepada 9.300 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Aceh Tenggara tersebut, disebabkan karena pihaknya harus menyesuaikan jadwal kegiatan dengan pemerintah daerah setempat dan proses administrasi.

Selain di Aceh Tenggara, pihaknya juga sudah menyalurkan beras rastra kepada 5.337 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Gayo Lues, Aceh, yang merupakan kabupaten bertetangga dengan Aceh Tenggara, katanya.

“Kalau di Gayo Lues sebagian sudah kita salurkan, sebagian sisanya saat ini masih dalam proses penyaluran,” kata Pengadilan Lubis.

Baca juga: Kemensos salurkan beras ke 7.157 KPM di Mimika
Baca juga: Kemensos pastikan distribusi bantuan beras sosial di Banten lancar
Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020