Bupati Aceh Barat berbagi tips sembuh dari COVID-19 secara alami

Bupati Aceh Barat berbagi tips sembuh dari COVID-19 secara alami

Bupati Aceh Barat, Haji Ramli MS didampingi isterinya Evi Juwinda membeberkan rahasia sembuh dari infeksi virus corona (COVID-19) dengan rutin meminum air kelapa muda, saat berdiskusi dengan sejumlah awak media di di pendapa bupati di Meulaboh, Rabu (7/10/2020). (Antara Aceh/Syifa Yulinnas)

Meulaboh (ANTARA) - Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS membagikan tips bagaimana bisa sembuh dari infeksi virus corona (COVID-19) yaitu dengan cara meminum air kelapa muda dicampur dengan jeruk nipis secara rutin.

“Selama menjalani masa isolasi di bulan September kemarin, saya rutin minum air kelapa muda dicampur sedikit garam, madu asli dan jeruk nipis,” kata Bupati Ramli MS di Meulaboh, Rabu.

Menurutnya, minuman segar dan alami tersebut rutin ia minum dua kali setiap hari seusai sarapan pagi dan setelah santap makan malam.

Baca juga: Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Aceh Barat capai 72,9 persen

Setelah mengkonsumsi air kelapa muda dengan aneka campuran tersebut, kata Ramli MS, kondisi kesehatannya semakin membaik dan membuat dirinya semakin percaya diri.

Ramli MS mengakui bahwa dengan rutin mengkonsumsi air kelapa muda, dicampur sedikit garam dapur, satu sendok madu dan sedikit perasan jeruk nipis, maka bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Resep rahasia ini, ia peroleh dari Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Barat, M Said Rukhsal Assegaff beberapa waktu lalu, dan setelah ia mencoba mengkonsumsi minuman tersebut ternyata hasilnya luar biasa.

Baca juga: Bupati Aceh Barat sembuh dari COVID-19

“Salah satu manfaat yang saya rasakan setelah rutin mengkonsumsi air kelapa muda ini, yaitu suara saya lebih nyaman dan indra penciuman dan perasa di mulut sudah semakin lebih baik dan terasa normal,” kata Ramli MS menuturkan.

Meski saat ini ia sudah dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona (COVID-19), Ramli MS mengakui setiap hari rutin mengkonsumsi air kelapa muda yang ia percayai bisa meningkatkan imunitas, serta banyak khasiat dan manfaat yang ia rasakan.

Baca juga: 27 pasien COVID-19 di Aceh Barat sembuh

Selain itu, Ramli MS mengaku juga sering berolahraga ringan setiap hari seperti dengan bersepeda, jalan kaki di sekitar pendapa dan rutin olahraga ringan lainnya.

Belajar dari pengalaman tersebut, ia meminta masyarakat agar semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap COVID-19 karena penyakit ini memang nyata adanya, serta berbahaya apabila terinfeksi.

Ia meminta warga terus mengikuti protokol kesehatan anjuran pemerintah saat beraktivitas di luar rumah, seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta rajin beribadah dengan menjaga wudhu dan kebersihan.

Baca juga: Warga Aceh Barat didenda Rp50 ribu jika tak pakai masker

 
Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020